Warga Jakarta Bisa Laporan Lewat Aplikasi Qlue


Setelah diresmikannya Jakarta Smart City oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama Senin (15/12/2014) lalu, kini warga Jakarta bisa melaporkan peristiwa yang berhubungan dengan infrastruktur ataupun masalah sosial lewat aplikasi Qlue.

Aplikasi yang dapat diunduh dengan smartphone berbasis Android ini dapat memudahkan warga Jakarta dalam melaporkan keadaan di sekitarnya seperti jalanan berlubang, genangan di jalan, atau tumpukan sampah. Ahok sendiri berkeinginan untuk menggunakan aplikasi ini sejak 2 tahun lalu. Ahok menerangkan warga Jakarta hanya tinggal mengunduh foto atau teks perihal dengan keadaan yang mereka lihat. Kemudian laporan tersebut akan masuk ke dalam situs smartcity.jakarta.go.id. Lalu laporan akan disebarkan ke satuan kerja perangkat daerah atau petugas harian yang berada di sekitar lokasi.

Untuk selanjutnya, Kepala Seksi dan Data Informasi DKI Alberto Ali menuturkan bahwa aplikasi Qlue akan dilengkapi dengan aplikasi Cepat Respons Opini Publik untuk memantau petugas di lapangan. Selain Qlue, sampai saat ini terdapat beberapa aplikasi yang digunakan untuk mendukung Jakarta Smart City diantaranya surel dki@jakarta.go.id, Twitter @jakartagoid, Facebook jakarta.go.id, PetaJakarta.org, LAPOR 1708, dan Waze.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *