0

Tips Membuat Kuis Kontes Berhadiah Rame di Internet

Tips Membuat Kuis Kontes Berhadiah Rame di Internet – Terkadang ada yang sudah pernah mencoba membuat kuis atau kontes di sosial media, tetapi yang jadi partisipasinya sedikit, bahkan gak ada. Itu sih bukan karena faktor kamu terkenal atau gak nya, tetapi terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kuis dan kontes kamu bisa rame atau sepi kayak kuburan.

Untuk kesempatan kali ini minku akan memberikan tips untuk membuat kuis dan kontes supaya rame di sosial media internet. Langsung saja simak poin poin dibawah ini

Serbakuis 2015 Twitpic Contest

Serbakuis 2015 Twitpic Contest

1. Tentukan tema kuis dan kontes

Disini tugasnya adalah menentukan tema, mau kontes foto, kontes blog, kontes desain, kuis berhadiah dan sebagainya. Buat tema yang mengikuti trend masa kini, misalnya sekarang lagi rame video PPAP, ya bikin tema kontes video ppap, sekarang lagi tenar gangnam style, ya buat kontes yang berkaitan dengan hal itu.

2. Sediakan hadiah yang sesuai

Yang namanya kuis dan kontes tentunya harus ada imbal baliknya dong, hadiah yang relevan akan membuat calon peserta tidak enggan untuk mengikuti kuis tersebut. Maksudnya relevan disini, ya harus sesuai dengan seberapa tingkat kesulitan mengikuti kontes dan kuis tersebut.

Jangan sampai begini: Yuk ikuti kontes SEO berhadiah voucher diskon 100 ribu untuk 10 orang pemenang. Hahaha, tentunya yang ikut pada minder duluan, rugi jari keriting nulis artikel sama optimasi search engine.

3. Menentukan Mekanisme

Ini merupakan poin yang sangat penting, kalau kita ngadain kuis atau kontes dengan mekanisme yang mudah dan bahkan sangat mudah, tentunya yang mau ikutan event tersebut juga semakin semangat. Jangan malah hanya bikin kuis berhadiah pulsa 100 ribu aja, mekanisme yang ditulis jelimet kayak nulis artikel buat skripsi! hehe.

Yang pasti jangan sampai lupa menambahkan hashtag/tagar supaya nanti jika hashtagnya terkenal, orang yang penasaran akan melihat” itu hashtag apa sih?” Intinya SINGKAT PADAT JELAS.

4. Masa Penyelenggaraan

Jangan menyepelekan ini sobat, periode kuis dan kontes juga penting untuk dipertimbangkan, supaya apa? yang mau ikutan gak terlalu lama menunggu siapa yang akan dijadikan pemenangnya. Usahakan secepat mungkin, ini untuk menarik perhatian supaya calon peserta bergegas ikutan karena takut ketinggalan.

Gak perlu lama-lama intinya, jangan tiru “ikuti kontes foto berhadiah satu unit power bank, ditunggu karya kamu hingga akhir tahun” :D. Oiya jangan lupajuga untuk menentukan kapan pengumuman pemenangnya di publikasikan dan dimana saja tempatnya.

5. Selaraskan dari ke empat poin diatas

Tugas selanjutnya adalah menyelaraskan keempat poin tadi, maksud kami adalah menyesuaikan mulai dari tema, hadiah dan mekanisme, dan periode supaya semuanya bisa berjalan seringkas-ringkasnya dan membuat calon peserta nanti bisa dengan mudah mengikuti dan tidak merasa terbebani.

6. Buat Gambar atau brosur digital

Ini mah wajib sobat, membuat gambar atau flyer digital khusus untuk kuis dan kontes yang diadakan. Didalam tersebut kalau bisa bisa memuat semua informasi yang tersedia. Harus ada judul, hadiah, periode, mekanisme singkat dan URL/Link untuk mengakses informasi lebih lanjut tentang event yang diadakan.

7. Promosikan ke seluruh sosial media

Posting mekanisme atau flyer(brosur) digital ke seluruh internet, bisa lewat blog, twitter, instagram dan facebook. Walaupun kontesnya hanya untuk pengguna facebook, ya jangan promosi aja di facebook tapi keluar mencari jaringan baru. Kalian bisa menambahkan mekanisme untuk wajib share info kuisnya untuk mengikuti kontes/kuis di poin 3 diatas.

8. Konsisten

Ini merupakan satu hal yang kalau tidak diterapkan bisa membuat kecewa para peserta kuis/kontes. Kita harus konsisten dengan mekanisme dan ketentuan yang sudah ditentukan. Jangan sampai kita sendiri yang melanggar. Misalnya salah ambil pemenang, pengumuman pemenang telat (tidak tepat waktu), periode diperpanjang dan sebagainya. Apa lagi itu “Kabar gembia, Periode kontes / kuis kami perpanjang” hahaha itu adalah hal yang paling menyebalkan.

Itulah beberapa poin yang bisa kami sampaikan, yang semoga bisa bermanfaat untuk anda yang ingin menyelenggarakan suatu kompetisi online berhadiah di internet. Selamat mencoba.

 

sumber : serbakuis.com

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube

petra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *