Search Engine Marketing dan Mengapa Kita Harus Melakukannya


 

Search Engine Marketing (SEM) merupakan suatu bentuk dari internet marketing dimana para pengiklan dapat mempromosikan websitenya dengan meningkatkan posisi mereka pada mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing dengan langkah optimisasi (bayar per klik) dan Search Engine Optimization (SEO). Ada beberapa pertanyaan yang sering muncul ketika kata-kata tersebut muncul, seperti “apa sih bedanya dengan SEO?” atau “Bagaimana cara kita melakukan optimisasi sehingga kita bisa ada di peringkat pertama?” dan juga pertanyaan “apa benar langkah menggunakan SEM dalam beriklan merupakan suatu langkah yang tepat?”. Melalui tulisan ini, saya akan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan umum yang seringkali muncul mengenai SEM.

 

 

Dapat dilihat pada gambar diatas, kotak kuning transparan merupakan posisi dari SEM pay per click, sedangkan Search Engine Optimization (SEO) berada diluar kotak kuning. Terlihat dengan jelas bahwa SEM pay per click memiliki posisi yang lebih baik pada mesin pencari internet. Hal tersebut membantu kita untuk memastikan website berada dalam posisi yang lebih baik. Keadaan ini membuat kunjungan ke dalam website kita akan jauh lebih baik dimana para pencari dan pengguna internet tidak harus menggunakan scroll untuk mencari website yang relevan terhadap kata kunci yang mereka cari.

Hal pertama yang harus diketahui, biaya yang dikenakan dalam menggunakan SEM adalah cost per click (CPC). Kita hanya akan membayar ketika seseorang melakukan klik terhadap website kita. Sehingga kita tidak akan membayar ketika iklan kita muncul tetapi tidak di klik. Sistem ini membuat marketing yang kita lakukan efisien dan efektif secara biaya, kita tidak membayar hal yang sia-sia. Sistem lelang atau auction digunakan dalam menentukan berapa harga yang harus kita bayar pada saat orang melakukan klik (harga CPC). Kita akan menentukan maksimal CPC yang bersedia kita bayarkan, kemudian sistem auction akan secara otomatis menentukan posisi dari website kita dan berapa harga yang harus kita bayarkan. Umumnya harga aktual yang harus kita bayarkan lebih murah dari maksimal harga yang telah kita set sebelumnya.

Pertanyaan yang biasa muncul setelah penjelasan diatas adalah “gimana nih kalo nanti ada kompetitor yang asal klik biar kita merugi?”. Pada dasarnya, hal tersebut merupakan hal yang tidak perlu dikhawatirkan pengiklan, dimana google telah mengatasi permasalahan tersebut dengan menciptakan algoritma dimana invalid clicks dapat terjadi. Contohnya pada Google AdWords, google dapat mendeteksi adanya invalid clicks, kita tidak akan dikenakan biaya akan klik tersebut. Klik yang terhitung sebagai invalid clicks merupakan klik-klik yang akan dibaca sebagai klik tidak normal oleh algoritma google, seperti klik berturut-turut dan sebagainya. Google sebagai media penyedia iklan pun tidak mau hal itu terjadi, dimana kepercayaan dari para advertiser menjadi taruhannya.

Efektivitas menjadi kunci mengapa SEM menjadi penting untuk digunakan. Pertanyaannya, seberapa efektif penggunaan SEM sendiri? Menurut pengalaman dalam beriklan melalui SEM, hal ini merupakan bentuk iklan terhadap website yang harus dilakukan dewasa ini. Dewasa ini internet telah menjadi bagian hidup sebagian besar manusia, dimana studi menunjukkan bahwa tiap harinya, manusia lebih banyak menghabiskan waktu di internet dibandingkan media lainnya seperti koran, televisi, dan berbagai macam media konvensional lainnya. Dengan penggunaan SEM, kita dapat mencakup kemungkinan yang dapat terjadi, dimana kita dapat memilih kata kunci yang relevan sehingga kita dapat menampilkan website kita di posisi teratas pada saat seseorang melakukan pencarian yang relevan dengan kata kunci yang telah kita atur sebelumnya.

Penggunaan SEM dapat dilihat sebagai alternatif dalam beriklan dimana internet telah menjadi bagian hidup orang banyak. Dapat dirasakan banyak orang di dunia, juga di Indonesia dengan mudah mencari informasi mengenai suatu hal hanya dengan menggunakan computer atau smartphone-nya. Pada intinya, penggunaan SEM dengan tepat dapat saya jamin dapat meningkatkan awareness, penjualan, dan traffic terhadap website anda. SEM dapat membantu kita menyediakan informasi yang tepat terhadap orang yang tepat.

Creative Visions Indonesia merupakan agensi terdepan dalam digital marketing, dimana Creative Visions merupakan salah satu Google Partner dari sedikit Google Partner di Indonesia. Para pelaku digital marketing yang berada di bawah naungan Creative Visions pun telah tersertifikasi oleh Google dimana seluruh staff marketing planner telah lulus Google Search Advance Exam, sehingga kemampuan dalam melakukan kampanye SEM seperti yang dibahas pada artikel ini tidak perlu diragukan lagi.

 

sumber : http://www.idmarketlab.com

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *