AWAS HATI HATI MODUS BARU PEMERASAN PETUGAS P2TL PLN!

Meteran-listrik-PLN-600x330-600x330Disuap di tempat? Ohh udah gak jaman lagi!

Ancam mengancam listrik bakal diputus dan langsung minta damai? eitts sudah gak lagi!

Orang semakin pintar dan jaman sudah berubah nih, konsumen juga sudah melek teknologi dan tahu modus-modus basi begitu. SO HATI HATI DAN LAPORKAN JIKA ANDA MERASA DIJEBAK OLEH PERMAINAN PETUGAS P2TL PLN!

Salah satu teman saya, belum lama mengalami hal yang berbeda dan rasanya baru ada yang seperti ini. Modus baru sepertinya nih!

Singkat cerita, teman saya sebagai konsumen (sebut saja namanya Iwan) pernah memanggil petugas listrik PLN melalui layanan 123 dan mengecek meteran listrik dikarenakan listriknya mati total hari itu dan tidak mau menyala lagi. Proses pengecekan dan perbaikan pun selesai tanpa ada masalah yang berarti. Iwan pun tidak mengecek kembali kondisi meteran, yang penting listrik sudah menyala.

Beberapa bulan kemudian, ada yang sedikit aneh dengan tagihan bulanan di rumahnya dimana tiba-tiba tagihan membengkak lebih dari 5 kali lipat dari biasanya. Usut punya usut, ternyata ada kesalahan pencatatan meteran oleh petugas pencatat meter dan hal ini dimaklumi oleh Iwan. Walaupun dia sempat kesal juga dan menyesali kenapa petugas mencatat asal asalan. Akibatnya beberapa bulan kedepatan, tagihan listrik di rumahnya mendadak kecil sekali dan buat Iwan itu wajar karena tagihan yang bengkak di bulan sebelumnya.

Beberapa bulan setelahnya datanglah OPAL P2TL yaitu petugas PLN yang melakukan pemeriksaan dirumahnya. Celakanya didapat sejumlah kejanggalan seperti piringan dalam meteran yang tidak standard, segel hilang, dsb. Meteran pun dibawa ke lab dan didapatkan vonis dari P2TL PLN bahwa Iwan harus membayar tagihan susulan alias denda puluhan juta rupiah. Betapa kaget dan marahnya dia, karena tidak pernah ada petugas PLN memeriksa meteran listrik selama belasan tahun menempati rumahnya dan sekali kena dia dianggap telah menikmati pencurian listrik. Buntunglah dia, sudah gak salah tapi harus bayar. kalo gak bayar, langsung BYAR PET! Listrik rumahnya diputus! NGERI YA?

petugas p2tl plnTernyata kalau dirunut-runut kembali. Petugas P2TL melakukan OPAL setelah melakukan monitoring terhadap tagihan konsumen yang gak wajar. Dalam kasus ini, ada beberapa bulan dimana Iwan membayar tagihan yang sangat kecil dan gak wajar. Mundur ke belakang lagi, bisa jadi terjadi sesuatu saat kedatangan petugas PLN saat memperbaiki meterannya. Sengaja atau tidak sengaja, sepertinya meterannya menjadi rusak / tidak sempurna lagi setelah peristiwa itu terjadi.

Ada teman saya yang juga bercerita kalau petugas-petugas P2TL yang notabene outsource, gajinya banyak dimakan perusahaan outsource nya (mana ada yang gak gitu ya? SUDAH RAHASIA UMUM BUKAN?). Nah didasari hal inilah, orang-orang yang punya keahlian hebat namun gak dibayar dengan proper mulai berkreasi! Mereka pintar tapi bisa melakukan apa aja kalau terdesak  demi kebutuhan hidup bukan? Jadi bukan hanya pemerasan dan penyuapan di tempat saja yang bisa dilakukan, karena masih sejuta cara lainnya kok.

Kebenaran untuk hal ini rasanya hanya oknum P2TL dan Tuhan yang tahu. Karena kebenaran kadang “disembunyikan” oleh manusia-manusia sesat yang punya sejuta kepentingan dan nafsu duniawi.

Soal benar atau salah, Anda juga yang menentukan sebagai pembaca dan masyarakat yang pintar. Mungkin harus Anda alami dulu hal ini, baru bisa mengerti betapa pahitnya menjadi konsumen listrik di negeri ini.

Salam pintar!

JagoanInternet.com

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *