Mengapa Robert dan Donald merekomendasikan Network Marketing/MLM?

DARI ROBERT KIYOSAKI
Ketika pertama kali mendengar pemasaran jaringan, Robert menentangnya. Dia berpikir jangan-jangan ini penipuan tapi setelah membuka pikiran, dia melihat hal yang menguntungkan terutama bagi orang yang ingin sekali mencari perubahan dari seorang karyawan menjadi seorang pengusaha atau pemilik bisnis.

Robert bilang bahwa sebagian besar sekolah dan perguruan tinggi melatih orang untuk menjadi seorang karyawan dan spesialis atau Quadrant(E&S) dan hal itu baik jika memang keduanya yang anda inginkan untuk menghabiskan hidup anda. sebagian besar program MBA melatih murid untuk pekerjaan bergaji tinggi diperusahaan dunia sebagai karyawan tapi bukan sebagai business owner atau Quadrant “B”

Pengalaman saya saat berhenti melaut dan bergabung dengan perusahaan xerox selama 4 tahun adalah belajar cara menjual. Pada tahun 1985 kami tidak mempunyai tempat tinggal dan hanya memiliki sedikit tabungan. Diakhir sebuah minggu pertanyaan tentang siapa diri kami, apa yang sedang kami kerjakan dan apa yang ingin kami tuju menghantam alam sadar kami. Namun pekerjaan yang aman bukanlah hal yang kami cari. Kami tidak mengembar-gemborkan situasi kami. secara umum istri saya dan saya terlihat cukup normal di permukaan. Ketika teman dan keluarga diberitahu tentang kesulitan kami, pertanyaan mereka selalu “Kok kalian tidak cari kerja?”

Pada awalnya kami berusaha menjelaskan, tapi kami sering gagal menerangkan alasan kami. Sangat sulit menjelaskan, kepada seseorang yang menghargai pekerjaan, mengapa kami mungkin tidak menginginkan pekerjaan.

Kami tahu kami selalu bisa mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi yang aman dan menjamin. Kami sama-sama lulusan perguruan tinggi dengan keterampilan bekerja yang bagus dan etos kerja yang kuat. Tapi kami tidak mencari keamanan pekerjaan. Kami mencari kebebasan finansial.

Harus saya akui bahwa saat kami diliputi keraguan yang dalam, gagasan sebuah perkerjaan yang aman dan menjamin dengan slip gaji bulanan terasa sangat menggoda. Tapi karena keamanan pekerjaan bukanlah yang kami cari, kami terus berjuang, hidup dari hari kehari dengan tujuan kebebasan finansial. Pada tahun 1989, kami sudah menjadi jutawan. Meskipun tampak berhasil secara finansial di mata beberapa orang, saat itu kami belum mencapai impian kami, kami belum mencapai kebebasan finansial sejati. Masih diperlukan waktu sampai 1994. Saat itu kami tidak harus bekerja seumur hidup kami. kecuali jika terjadi bencana finansial. kami berdua sudah memperoleh kebebasan finansial. Kim berusia 37 dan saya 47.

Seorang wiraswasta yang sukses biasanya adalah orang yang terkaya di dunia. Kami menciptakan buku dan papan permainan yang mendidik untuk orang di seluruh dunia yang ingin belajar cara meraih kebebasan finansial. Bahwa kebebasan finansial bisa diraih ketika memiliki bisnis yanga tidak harus ditunggui atau menjadi seorang investor. Buku kami serial Rich Dad telah diterjemahkan ke dalam 46 bahasa serta tersedia di 97 negara serta terjual lebih dari 26juta kopi di seluruh negara. kunjungi websit kami www.richdad.com

Itulah sebabnya kenapa saya merekomendasikan Network Marketing. Alasan kenapa saya merekomendasikan pemasaran jaringan adalah karena bisnis itu melatih anda keahlian komunikasi, teknik menjual, kepemimpinan dan bekerja bersama tim. Hal ini merupakan yang paling penting jika anda ingin menjadi seorang wiraswasta. Ayah kaya saya selalu menasihati “kalau kamu ingin menjadi pengusaha besar kuasailah teknik komunikasi dan teknik menjual”

lalu bagaimana jika anda karyawan atau memliki bisnis yang harus ditunggui tapi ingin berubah? bagaimana jika saya ingin menjadi Business owner betulan? Dimana saya bisa menemukan pendidikan yang melatih saya untuk berada di Quadrant B? Robert kiyosaki merekomendasikan bisnis Network Marketing “saya merekomendasikan bisnis ini bagi anda yang ingin berubah dan mendapatkan keterampilan dan pelatihan sikap agar sukses di kuadran B.”

Menjadi seorang wiraswasta tidaklah mudah pepatah lama mengatakan kalau mudah semua orang bisa melakukan untuk itu secara pribadi robert bilang “saya harus belajar cara mengatasi keraguan diri saya ,rasa malu,dan takut akan penolakan.

Karena membangun bisnis tidak mudah. Jadi, anda perlu bertanya kepada diri sendiri “apakah saya bersedia dipimpin dan memimpin? Apakah saya bersedia belajar lebih daripada hanya mengikuti tuntutan kurikulum? Apakah saya bersedia keluar dari zona nyaman?” Jika jawabannya “Ya”, mulailah mencari Bisnis Network Marketing/MLM yang mempunyai program pelatihan “Komunikasi,kepemimpinan,teknik menjual” Robert bilang “saya tidak akan terlalu berfokus pada Produk dan program kompensasinya, tapi lebih pada pendidikan dan program pengembangan diri yang ditawarkan. pikirkanlah, garis bawahi kata-kata tersebut.

Robert “saya memerlukan waktu bertahun-tahun sebelum berhasil membangun bisnis kuadran B yang sukses. Jadi beri waktu kepada diri anda sendiri. saya memberikan setidaknya waktu lima tahun untuk belajar dan berkembang menjadi seorang pengusaha yang sukses.

Ada tiga jenis bisnis salah satunya Network Marketing, tapi keuntungan dari bisnis ini dibanding yang lain adalah:

1. MODAL AWAL YANG KECIL
2. TIDAK AKAN RUGI SEKALIPUN ANDA MALAS KELOLA ATAU TIDAK SUKSES
3. BISA DIWARISKAN
4. BEKERJA TIM. JADI BAHU MEMBAHU MENGAJARI ANDA MEMBANGUN KEAHLIAN DAN RASA PERCAYA DIRI.
5. SISTEM YANG SUDAH ADA (Anda tidak repot-repot membangun sistem internal perusahaan baru lagi)
6. SISTEM YANG SUDAH TERUJI (Anda perlu mencari perusahaan-perusahaan MLM baru karena biasannya perusahaan MLM baru akan meniru dan membuat sistem yang lebih canggih dibanding yang sudah cukup lama berdiri)
7. BERTEMU DENGAN ORANG YANG SEPEMIKIRAN DI BISNIS

DARI DONALD TRUMP
Sama seperti pekerjaan apapun, sebisa mungkin ketahuilah segala sesuatu mengenai apa yang anda lakukan sebelum memulainya. Pemasaran jaringan sudah membuktikan dirinya sebagai sumber pendapatan yang layak dan sangat bagus serta tantangan yang tepat untuk anda. saya tidak merekomendasikan Network Marketing/MLM untuk orang yang tidak mempunyai tingkat motivasi yang tinggi. Anda juga bisa dianggap sukses dengan lulus perguruan tinggi, mendapatkan pekerjaan bagus dan membesarkan anak tapi kesuksesan itu nggak cukup untuk saya. Aspek penting lainnya dari Network Marketing adalah bahwa pekerjaan itu bersifat sosial, jadi jika saya bukan orang yang sosial atau bersahabat, saya akan berpikir dua kali untuk bergabung ke dalamnya.

DARI ARDI SULAIMAN
Kutipan–Ada yang bertanya bagaimana sukses di pemasaran jaringan? pertanyaan yang berat, tapi bukannya sukses ditentukan sama diri sendiri lalu yang kedua punya tim yang siap membantu. Tim adalah hal yang terpenting dalam bisnis. Tapi Orang-orang yang mencoba memanfaatkan orang lain untuk mencapai hasil yang diinginkan tidak akan bertahan lama dalam bisnis ini. Alam akan menyeleksi mereka dengan cepat. Di pemasaran jaringan sering terdengar falsafah `bantu orang lain sukses` orang-orang dengan falsafah seperti ini sulit untuk dikecewakan orang lain ketika tawarannya ditolak “Tujuan kita membantu orang lain supaya lebih sukses. Tapi kalau tujuan saya mengajak dia hanya untuk kepentingan saya sendiri, ada pamrih kalau dia menolak, pasti saya kecewa. Kuncinya disini, kalau kita punya tujuan bantu dia nggak mau, ya sudah.”

Berinvestasi di MLM/Network Marketing sama saja ketika kita mau berinvestasi di bisnis apapun atau di produk investasi manapun, yang kita perlu ketahui di Network Marketing yaitu:
1. Support system
-Training (pelatihan komunikasi,kepemimpinan,teknik menjual dll)
-Lemparan downline (leader manaruh downline dibawah downline)
-Seminar mingguan OPP/BOS dll
-tools (kaset VCD,DVD atau audio pembelajaran dirumah)
2. Marketing Plan (sistem bonus leadership,sponsor,unilevel, sistem pembayaran,peluang bonus dll.)
3. Produk

Seperti mencari pasangan baru dipilih dan dipilah, mencari perusahaan MLM tidak jauh beda. tapi ada satu tips cara memilih perusahaan industri Network Marketing yaitu: Memilih MLM dengan mempelajari beberapa perusahaan MLM sebagai perbandingan.

Tidak beda jauh dengan bursa saham dimana ada titik jenuh ketika pasar overbuy. Ketika titik jenuh beli artinya orang sudah nggak ada yang ingin beli lagi akhirnya banyak orang yang menjual sahamnya sehingga harga aset saham menurun. Hal ini sangat mungkin terjadi pada perusahaan MLM tertentu. Ada beberapa faktor yang membuat perusahaan MLM tertentu lesu: pertama ada perusahaan baru yang memiliki sistem yang lebih bagus terutama pada Marketing Plan. Kedua–karena jumlah member yang terlalu banyak.

Kenyataannya sistem perusahaan MLM yang baru-baru berdiri merevolusi sistem yang lama–jelas bahwa perusahaan MLM baru bisa lebih unggul dari yang ada sebelumnya.

Fenomena perpindahan–Ketika ada isu atau informasi bahwa bursa saham akan jatuh nilainya. Berbondong-bondong orang memindahkan uangnya ke investasi yang lebih aman dibank. Orang yang berada di bisnis MLM biasanya akan mencari perusahaan MLM baru yang lebih menguntungkan. UP line tidak akan pernah memberi tahu para downline dibawahnya karena kenapa? Karena kapten kapal tidak akan memberi tahu kalau kapalnya bocor. Fenomena menghilangnya leader/upline merupakan hal yang wajar. Sama seperti kenapa masuk pasar modal ketika pasar akan lesu? Kenapa beli saham yang jelek? Itu berarti kenapa masuk MLM ketika member sudah jutaan/udah sesak? Kenapa pilih perusahaan MLM yang sudah diatas 7 tahun?

Jadi maksud saya pilihlah perusahaan dengan Marketing Plan terbaik Pilih perusahaan MLM yang masih baru.

Tapi sejujurnya semua yang saya tulis diatas tidak penting-penting banget JANGAN DIPIKIRKAN yang paling penting sebenarnya KAPAN ANDA INGIN MELATIH DIRI ANDA MENJADI PENGUSAHA? DIMANA ANDA BISA MENEMUKAN PELATIHAN BISNIS DENGAN BIAYA TERENDAH SELAIN DINETWORK MARKETING? Tidak peduli jawaban anda teruslah cari informasi sebanyak-banyaknya. Hanya anda yang bisa menjawab pertanyaan ini. Hanya anda yang bisa mengubah hidup anda.

Sampai disini saya yakin Anda pasti sudah paham, kalau belum paham silahkan dibaca dari awal lagi.

KESIMPULAN
Apa yang bisa anda praktekan?
1. Jika anda memutuskan untuk melatih diri anda menjadi seorang pengusaha Carilah Perusahaan Network Marketing yang terbaik dengan cara membandingkan perusahaan-perusahaan sejenis dan Bergabunglah karena anda akan sama-sama belajar bersama mereka.
2. Jika anda menunggu orang untuk melatih anda menjadi pengusaha itu tidak pernah ada
3. Jika anda mencari pelatihan untuk berwirausaha dan kebebasan finansial di sekolah dan perguruan tinggi, anda perlu pertimbangkan karena perguruan tinggi yang berlabel “Business” pun masih 70% teori dan 30% praktek

Orang pintar suka yang pasti-pasti karena itu dia lebih suka menjadi karyawan, orang idiot lebih suka yang yang tidak pasti karena itu dia berbisnis karena bisnis tidak pasti. -Bong Chandra

Itulah gan beberapa informasi tambahan bagi yang mau mencoba terjun di dunia bisnis Network Marketing. Semoga bermanfaat lebih kurangnya mohon dimaafin.

sumber : http://ilmuinvestasi.blogspot.co.id

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *