ig_follower_jagoaninternet

WARNING: Jurus Yang Dijelaskan Di Artikel Ini Akan Membuat HP Anda Tang Ting Tung, Tang Ting Tung Terus!

Instagram lambat laun sudah menjadi marketplace penting di kancah per-OLShop-an Indonesia.

Dengan penggunanya yang banyak dari kalangan menengah keatas (belum seterkenal FB/Twitter), banyak kisah sukses beberapa teman yang jualan berbagai barang menggunakan medsos instagram.

Apalagi yang jualan barang dagangan yang berkaitan dengan wanita.

demografi instagram

Ini data pengguna instagram dari seluruh dunia. Bukan hanya indonesia saja. (sumber: alexa.com | akun premium alexa disediakan oleh nurzaga ads.id)

Kosmetik, busana muslim, sepatu, tas, aksesoris, perlengkapan bayi,dll, semua laku dijual di instagram.

Caranya yang masih simpel dan belum seribet FB, menjadikan instagram tempat berjualan yang oke banget.

Bahkan ada beberapa teman yang sukses beromzet ratusan juta rupiah sebulan berjualan di instagram.

Tahukah anda? Berdasar sebuah penelitian, bagi sebuah brand, user di Instagram lebih berpotensi untuk ‘engage’ dibandingkan dengan medsos lain seperti FB atau Twitter.

***

Salah satu kendala kami ketika belajar berjualan di Instagram adalah mencari follower. Karena semakin banyak follower instagram, semakin besar peluang dagangan kita laku.

Pada artikel kali ini, Rumahawan.com akan share tips-trik bagaimana caranya mendapatkan seratus follower setiap hari di Instagram.

Pada umumnya ada 7 jurus yang biasa digunakan untuk menambah follower di instagram:

1. SFS (Shoutout For Shoutout)

2. PK (Paid Keroyokan)

3. PP (Paid Promote)

4. Endorse

5. Kontes

6. Jasa Penambah Follower.

7. Beli Akun Instagram Yang Sudah Jadi.

***

1. SFS (Shoutout For Shoutout)

SFS adalah cara yang paling banyak digunakan oleh para OS di Instagram untuk menambah follower. Karena cara ini adalah cara yang relatif GRATIS (namanya gratisan pasti seneng). Kalaupun berbayar paling buat bayar admin (jasa urus SFS) kalau kita ga bisa pegang, dan biayanya pun relatif murah, 5.000 – 15.000 saja per keroyokan.

SFS ribet dipelajari karena banyak bahasa/kode singkatan yang digunakan. Buat yang belum terbiasa/belum tahu, bahasa gaul SFS ini akan membingungkan. Tapi jika anda sudah menguasai SFS, maka teknik promosi Instagram yang lain akan mudah mengerjakannya.

Selain bahasanya, belum lagi peraturan SFS yang juga tidak mudah dimengerti untuk pemain baru.

Tapi jangan khawatir biasanya ada admin atau teman OS lain dengan senang hati menjawab kalau anda ga ngerti istilah-istilah itu. (Saya akan tulis segala tentang SFS ditulisan berikutnya. Tagih saya nanti yaaa  )

Cara kerja SFS ini adalah saling mempromosikan barang dagangan antar peserta SFS. Kalau hanya berdua, namanya privat. Sedang kalau bersama-sama (lebih dari dua) namanya keroyokan. Biasanya 1 kali keroyokan mampu mengumpulkan 25 OS.

Nanti dari 25 OS ini, masing-masing peserta SFS akan mempromosikan 24 OS lainnya dalam jangka waktu tertentu. Caranya dengan memposting foto iklan dari OS peserta lain. Misal kita ikut keroyokan yang 25 slot (peserta), maka kita akan pasang 24 foto iklan peserta lain di akun Instagram kita.

Keroyokan ini biasanya mengumpulkan OS-OS yang jumlah followernya ga jauh beda. Misal akun IG yg punya follower dgn jumlah 0-3k itu jadi satu grup, akun yang followernya 3k, 4k, 5k jadi satu grup juga, dst.

Negosiasi dan musyawarah SFS dilakukan di grup Line. Kalau di Indonesia, siapa yang punya akun Instagram, harus punya akun Line juga.

2. PK (Paid Keroyokan)

Paid Keroyokan hampir sama dengan SFS, hanya saja ini berbayar. Kenapa berbayar? karena nanti foto iklan kita akan dimasukkan ke keroyokan yang jumlah followernya jauh lebih banyak.

Misal, follower kita hanya 1k dan kita ingin promosi menggunakan jurus PK.

Lalu kita bayar PK pada akun IG lain yang followernya 24k. Kemudian, oleh akun 24k ini, foto iklan kita akan di SFSin di grup keroyokan SFS yang pesertanya sudah memiliki follower di kisaran 24k juga.

Screenshot_2015-04-21-10-11-28

Cara ini termasuk murah dan cepat dapat follower. Salah satu akun instagram yg followernya sudah mencapai 135k, dia bercerita bahwa cara utama yang dia gunakan tuk cepat dapat follower adalah dengan PK ini. Sehari dia bisa ikut 20PK.

Semakin banyak follower, harga PK semakin mahal. Biasanya follower 45k, harga PK-nya sekitar 50rb per slot per keroyokan.

3. PP (Paid Promote)

Cara lain untuk mendapat follower adalah Paid Promote (PP). Kalau PP caranya kita bayar satu akun IG untuk promosiin barang dagangan kita. Biasanya akun ini adalah akun khusus iklan.

Tarif yang dikenakan umumnya mulai mingguan. Misal 1 minggu untuk 5 foto per hari itu biasanya 25-35rb tergantung jumlah follower si akun iklannya.

Screenshot_2015-04-21-10-15-40

Cara kerjanya, akun iklan ini akan minta foto iklan kita beserta captionnya untuk dia iklankan di akunnya. Tiap hari bisa beda-beda foto, tergantung kita.

4. Endorse

Endorse adalah kita memberikan produk kita ke selebgram (selebriti Instagram) untuk dipakai oleh selebgram tersebut, difoto, dan dipromosikan di akun IG selegram tersebut.

Endorse saat ini biasanya berbayar. Jadi selain mengirim barang kita secara gratis, kita juga harus bayar pada selebgram untuk mempromosikan produk kita diakun IG dia. Semakin banyak followernya, harganya semakin mahal.

Namun, jika anda punya koneksi teman selebriti atau jago negosiasi, endorse juga bisa gratis.

Screenshot_2015-04-21-10-14-44

Lagi Coba Endorse Produk Kami Dengan Mantan Istri Pasha Ungu, Mbak Okie Agustina (Ramah Orangnya).Tapi Sayang Belum Tembus.. No Worries… Coba Terus Yang Lain

Para selebgram biasanya juga memilih-milih barang. Mereka kebanyakan tidak mau mempromosikan obat-obatan atau kosmetik yang belum BPOM.

Ayu Ting Ting, dengan follower 2,8 Million (sengaja gak saya singkat millionnya), kabarnya men-charge 3 juta rupiah tuk endorse barang di akun IG dia.

ayu ting ting insta

5. Kontes

Cara lain untuk menambah follower dengan menggunakan kontes. Caranya kita membuka kontes foto untuk para follower kita, kemudian dia posting foto yang akan dikonteskan dengan memberikan hashtag tertentu yang kita inginkan sambil dia men-tag akun ig kita dan akun teman-temannya.

Kontes dimenangkan, biasanya dengan foto yang paling banyak likenya.

Supaya kontes rame peserta, hadiah yang ditawarkan harus agak nendang. Misal uang tunai 500rb, atau HP atau barang lain yang nilainya agak tinggi.

Selain itu sediakan juga piala. Kadang ada emak-emak IG yang lebih mengincar piala daripada uang atau hadiah gadget/produk.

Screenshot_2015-04-21-17-35-12Screenshot_2015-04-21-17-35-27

 

6. Jasa Penambah Follower.

Buat yang mau langsung nambah follower bisa menggunakan jasa penambah follower. Tapi harap hati-hati untuk memilih jasa penambah follower ini. Harus dipastikan bahwa nanti follower yang kita dapat itu bukan fake, tapi benar-benar follower asli dan tertarget (maksudnya followernya memang target pasar OS kita, atau orang yang akan beli dagangan kita).

Bisa ditanyakan terlebih dahulu ke jasa penambah followernya cara dia menambah follower seperti apa. Dan juga bisa minta garansi kalau follower yang nanti kita dapat itu bukan fake (bot atau akun abal2).

Harga yang ditawarkan para jasa penambah follower ini beda-beda, tergantung jumlah follower yang ingin kita dapat. Biasanya mulai dari 1k keatas itu harganya dikisaran 300.000 an.

Screenshot_2015-04-21-10-14-14

Tatacara salah satu jasa penambah follower instagram

 7. Beli Akun Instagram.

Buat yang gak mau ribet dan yang punya modal besar bisa langsung beli akun yang sudah memiliki follower.

Sama seperti nomer 6, pastikan penjualnya terpercaya dan akun yang dijual bukan akun yang memiliki follower fake.

Lalu, cek juga histori akunnya. Pernah ada problem nggak? misal ada kasus penipuan, atau pernah posting foto tidak senonoh, dll.

Salah satu caranya bisa testing foto iklan kita di IG dia selama beberapa hari dan lihat komen dari followernya.

Screenshot_2015-04-21-10-10-34

 

***

Yang perlu diperhatikan pada jurus 1-4: pastikan materi iklan yang kita berikan tuk dipromosikan adalah sesuatu yang benar-benar menarik. Materi iklannya benar-benar membuat orang tuk take action dan follow akun IG kita.

Ibaratnya kita beriklan menggunakan FB Ads atau Google Adwords, materi iklan yang kita buat harus bisa membuat orang memilih iklan kita dibanding dengan iklan OS lain.

Contohnya: Foto+caption yang berisi diskon, free ongkir, hadiah murah (DVD, gantungan kunci, free souvenir), free ebook, tiket nonton bioskop, dll.

Atau bisa juga kontes/lomba yang kita adakan, kita promosikan lagi menggunakan jurus 1-4.

Selain itu, sertakan kata-kata Call To Action dalam caption, foto yang menarik, dan hashtag yang tepat.

Jika bisa, minta posting foto pada waktu-waktu premium (jam 18.00-22.00), saat dimana banyak pengguna Instagram sedang online.

***

Dari jurus 1-7, cara yang saya paling suka adalah jurus PK. Dengan biaya yang relatif murah, foto iklan kita bisa dilihat oleh begitu banyak orang.

Atau, jika modal memang sedang cekak banget, bisa juga kita jadi admin SFS. Admin SFS adalah orang yang mengatur dan mengawasi jalannya SFS. Dengan menjadi admin SFS, walaupun follower kita sedikit, kita bisa ikut promo di akun yang lebih banyak followernya. Tentu dengan catatan kita siap untuk mengatur dan mengawasi jalannya SFS.

***

NB: diartikel ini gak bahas tentang analytics akun, tools yg berkaitan dengan instagram (ada banyak), dan strategi penggunaan hashtag. Saya yakin itu berpengaruh tuk menambah jumlah follower, tapi mungkin lain kali kita bahas tentang strategi-strategi tersebut.

Kalau Bapak/Ibu, menggunakan jurus apa tuk meningkatkan follower Instagramnya?

thank you!

 

sumber : http://www.rumahawan.com

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *