Kenapa Orang Kaya Bisa Makin Kaya? Ini 9 Rahasianya!


Ilustrasi kehidupan orang kaya. [Shutterstock]

Seseorang bisa menjadi kaya bukan hanya karena lihai mengelola uang, tetapi juga karena pola pikir.

Suara.com – Definisi kaya dan miskin tampak mencolok, terutama dari segi pemenuhan kebutuhan hidup. Orang kaya dapat dengan mudahnya mencukupi semua kebutuhan hidup, sementara orang miskin selalu tidak berkecukupan.

Tentu saja, seseorang bisa menjadi kaya bukan hanya karena lihai mengelola uang saja, tetapi juga karena pola pikir yang brilian. Maka, tidak heran kalau banyak orang kaya bertambah kaya, sementara orang miskin bertambah miskin.

Anda tentunya juga mau jadi kaya, kan? Lalu, apa sih rahasia orang kaya bisa makin kaya? Intip rahasianya seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Orang Kaya Lihai Mengambil Keputusan

Orang kaya tidak perlu menanyakan apa yang diinginkannya sampai berpuluh-puluh kali untuk bertindak. Sebab, keinginan tersebut sudah membekas di kepala, sehingga mereka mampu memutuskan apa yang akan dilakukannya.

Keputusan tersebut juga sudah diseleksi melalui berbagai jenis pertimbangan, untuk menghindari kegagalan yang berujung pada penyesalan. Jadi, apakah Anda sudah terbiasa lihai mengambil keputusan?

2. Tidak Pernah Menyia-nyiakan Peluang

Untuk mendapat kehidupan yang layak, orang kaya tidak melepas peluang begitu saja. Bahkan peluang kecil pun mampu mereka ubah menjadi peluang besar, demi meraup pundi-pundi dari penghasilan tambahan atau sumber dana baru.

Kuncinya adalah keseriusan dan ketabahan, karena dua hal inilah yang menuntun Anda mampu mengembangkan potensi untuk memperbesar peluang menjadi kaya. Nah, tak ada salahnya pula jika Anda menirunya, bukan?

3. Meningkatkan Aset, Bukan Liabilitas

Jangan seenaknya menyalahkan tindakan monopoli, korupsi, atau kesenjangan ekonomi, jika hidup Anda terus-menerus serba kekurangan. Pasalnya, apa yang dilakukan orang kaya tidaklah demikian.

Orang kaya umumnya terbiasa menempatkan dananya untuk investasi. Mereka membelanjakan uangnya untuk membeli aset, di mana aset itu dengan sendirinya bisa meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Jika rupiah yang Anda punya selama ini dialihkan untuk investasi, maka seburuk apa pun goncangan ekonomi akan bisa Anda atasi. Anda bisa meniru kebiasaan orang kaya soal bagaimana mereka membelanjakan uangnya.

4. Fokus pada Visi dan Misi

Hidup itu keras. Untuk mewujudkan mimpi, diperlukan pengorbanan yang besar, baik dari segi waktu, tenaga, maupun materi. Inilah yang dijadikan orang kaya sebagai landasan untuk membangun visi dan misi hidup yang jelas.

Visi dan misi ini juga acap kali menjadi motivasi hidup, sehingga sepelik apa pun keadaan yang dihadapi, mereka tetap bersemangat. Pada akhirnya, buah dari semangat dan kerja keras itu adalah kesuksesan.

5. Berani Menghadapi Kegagalan

Hidup memiliki dua sisi, yaitu sisi positif yang berarti kesuksesan, dan sisi negatif yang berarti kegagalan. Baik sukses maupun gagal, keduanya adalah sebuah misteri yang harus segera dipecahkan. Untuk mengetahui jawabannya, Anda harus bersedia menjalaninya.

Jika perjalanan Anda berbuah pada kegagalan, jangan mudah terlena. Pacu terus semangat Anda untuk memutarbalikkan keadaan, yaitu dari gagal menjadi sukses. Ingatlah betapa kata-kata bijak mengatakan “kegagalan hanyalah sebuah keberhasilan yang tertunda”.

6. Menyatukan Kekuatan dalam Berbisnis

Orang kaya tidak mengandalkan kekuatannya sendiri untuk memperbesar peluang, tapi mereka bekerja dengan orang lain. Dengan bekerja sama, kekuatan dalam bisnis akan bertambah besar, sehingga meraih sukses pun menjadi lebih mudah.

Di balik itu, mereka juga suka membaca buku yang berkaitan dengan bisnis, dengan tujuan untuk memperdalam ilmu. Alhasil, pola pikir mereka tidak stagnan, melainkan terus berkembang.

7. Mau Belajar Memperbaiki Diri

Semua orang mempunyai kepahitan hidup masing-masing, termasuk orang kaya sekali pun. Jangan mengira hidup orang kaya selalu berada di atas angin. Mereka juga manusia biasa yang tidak luput dari kekurangan.

Hanya saja, kekurangan tidak menjadikan mereka lemah, melainkan membuat mereka jadi sekuat baja. Kenapa? Karena mereka mau belajar memperbaiki kekurangan dirinya sendiri, sehingga tidak mudah menyalahkan orang lain atas kejadian yang tidak sesuai dengan ekspektasinya.

8. Menjadi Sosok yang Berpikir Positif

Salah satu kelebihan orang kaya yang tidak dimiliki orang miskin adalah kemampuan berpikir positif. Kalimat “jika orang lain bisa, kenapa saya tidak?” menjadi kalimat penguat yang membuat semangat mereka tetap berkobar, sehingga akhirnya mampu meraih sukses. Lagipula, mengisi diri dengan energi positif mampu mengantarkan Anda melewati beragam rintangan, baik yang mudah maupun sulit.

9. Mampu Menjadi Sosok yang Dibutuhkan

Di balik kegigihan mengembangkan bisnis, ternyata orang kaya juga berupaya untuk menjadikan dirinya sebagai sosok yang dibutuhkan. Dengan kemampuan ini, kesempatan untuk menjalin relasi semakin terbuka lebar. Nantinya dari sekian banyak relasi, setidaknya dapat berbuah satu atau dua kerja sama dalam upaya meningkatkan pemasukan.

“Curilah” Rahasia Hidup Orang Kaya

Hidup itu diibaratkan roda yang berputar: kadang di atas, kadang juga di bawah. Jika Anda merasa masih miskin dari segi finansial, maka curilah rahasia hidup orang kaya, agar roda hidup pun bisa segera berbalik dari bawah ke atas bagi Anda. Semangat!

 

sumber : www.suara.com

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *