Gerhana Matahari 9 Maret 2016 yang begitu indah!


Solar Eclipse atau Gerhana Matahari hari ini 9 maret 2016 terlihat sangat indah ya? Apalagi buat teman-teman di Palembang, Bangka Belitung, Palu, Ternate dll. Kita yang di Jakarta gak bisa menikmatinya secara sempurna nih. Paling gak sekitar 70-80% gerhana bisa saya dan keluarga lihat dari depan rumah di Taman Semanan Indah, Jakarta Barat.

Cuaca cerah pagi ini plus momen bagus pas libur hari raya Nyepi pula ya? Wah sempurna sekali waktunya!

Indah sekali bentuknya! Memang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Sayang sekali kita juga kehabisan kacamata anti UV yang dijual kemarin di Gramedia, Planetarium Cikini, dll. Gak kehabisan akal, pagi tadi kami sudah siapkan kertas slide rontgen sebagai filter untuk mata kami.. VOILA! kami bisa melihat lingkaran matahari dengan baik dan melihat bagaimana bulan menutupinya selama kurang lebih 30 menitan. Seru sekali! Sayangnya gak mudah mengabadikan momen ini dengan lensa DSLR maupun camera ponselku karena harus menggunakan filter khusus anti UV di lensanya.

Tepat pukul 6.15 an kami sudah berada di depan pekarangan rumah dan bergabung dengan

tetangga-tetangga yang sudah menunggu momen 33 tahunan ini dengan antusias. Mulai dari anak-anak sampai kakek nenek juga ada. Gambar yang bisa kita lihat seperti disamping ini, Jakarta tidak bisa melihat gerhana matahari yang total, dimana paling tidak kurang lebih 70% an matahari tertutup oleh bulan. Jadi sayangnya kita tidak bisa menyaksikan langsung yang namanya si cincin berlian atau Bailey Ring bahkan Korona di event kali ini.

Selain tahun 1983 dan hari ini tahun 2016, di tahun 2042 nanti GMT akan datang kembali menyapa Indonesia. Masih sangat lama ya? Momen langka yang satu ini jangan sampai Anda lewatkan ya! Nikmati dan abadikan yukk!

Salam Sukses!

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *