Ekonomi Digital Peluang Bisnis Masa Depan

Ekonomi digital merupakan salah satu tren peluang bisnis ke depan. Oleh karena itu, mulai sekarang pemerintah harus mempersiapkan instrumen yang diperlukan agar tidak ketinggalan dalam memanfaatkan kesempatan tersebut.

Seorang  pengunjung membuka laman salah satu e-dagang di Indonesia. E-dagang yang menjadi tulang punggung ekonomi digital kian akrab bagi masyarakat Indonesia.
TOTO SIHONOSeorang pengunjung membuka laman salah satu e-dagang di Indonesia. E-dagang yang menjadi tulang punggung ekonomi digital kian akrab bagi masyarakat Indonesia.

“Ekonomi digital adalah peluang bisnis baru yang trennya akan semakin besar. Di sini kesempatan anak-anak muda kita untuk masuk,” kata CEO Bukalapak.com Achmad Zaky di Jakarta, Jumat (27/11).

Menurut Zaky, pemain dari Indonesia di bidang aplikasi, misalnya, masih sangat sedikit. Padahal, peluang bisnis di bidang ini besar sekali. Dari 100 pemain teratas, baru 5 pemain di antaranya yang berasal dari Indonesia.

Oleh sebab itu, Zaky mengimbau kepada pemerintah untuk mempersiapkan industri ini. Tidak ada yang salah dengan fokus pemerintah untuk mengembangkan industri padat karya. Sebab, mayoritas sumber daya manusia Indonesia sekarang adalah lulusan SD-SMP dan SMA-SMK.

Namun, Zaky mengingatkan, pemerintah tetap harus mempersiapkan industri berbasis teknologi informasi yang salah satu turunan bisnisnya adalah ekonomi digital. Ini penting sebab peluang bisnisnya besar dan akan menjadi tren ke depan.

“Untuk itu, pemerintah harus menyiapkan dua hal sejak sekarang. Pertama adalah menciptakan sumber daya manusia berkualitas. Harus semakin banyak lulusan minimal S-1 yang berkualitas. Kedua adalah membangun infrastruktur teknologi informasi, seperti mengembangkan infrastruktur untuk 4G dan meluaskan jaringan ke seluruh pelosok Nusantara,” ujar Zaky.

Ekonomi digital menjadi salah satu isu dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN 2025. Menurut Menteri Perdagangan Thomas Lembong, dalam wawancara di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi ke-27 ASEAN di Kuala Lumpur, pekan lalu, isu ini akan menjadi semakin penting.

Pemerintah Indonesia, menurut Thomas, akan benar-benar memperhatikan isu ini. Intinya, Indonesia mesti dapat memanfaatkan peluang tren tersebut.

Teknologi informasi menjadi salah satu isu dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Namun, dalam cetak biru lanjutannya, yakni Masyarakat Ekonomi ASEAN 2025, isu ini semakin diperdalam. Sebab, banyak dinamika yang terjadi di dunia teknologi informasi selama lima tahun terakhir.

sumber : print.kompas.com

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *