Cara Beli Mobil Bekas Tarikan Leasing di Indonesia


Bukan tanpa sebab jika penjualan mobkas terbukti memiliki dinamika tersendiri. Meski penjualan mobil baru tinggi, tetap saja pergerakan di pasar mobkas tetap terjadi, meski saat ini melambat.

Tingginya keinginan konsumen membeli mobil baru secara kredit tapi tidak diimbangi kemampuan mencicil angsuran, kerap berimbas pada penarikan mobil. Di tahap ini, hak atas mobil dikuasai sepenuhnya oleh pihak lembaga pembiayaan.

Fakta ini seolah buah simalakama. Pasalnya mobil tersebut sejatinya sudah dibayar lunas oleh lembaga pembiayaan dan dijual dengan skema kredit berbunga untuk mendapat laba.

Sementara bagi konsumen, prosedur kredit mulanya dianggap angin surga dan meringankan beban pembelian. Meski lambat laun akan membebani jika tidak didukung kemampuan finansial yang baik.

Pihak lembaga pembiayaan tentu tidak mau merugi. Jika mobil yang sudah ditarik, tentu akan dijual sehingga memeroleh dana untuk mengganti dana yang sudah dikeluarkan sebelumnya. Salah satu caranya dengan dijual di balai lelang untuk ditawarkan kembali ke konsumen sebagai mobil bekas. Di sini lembaga pembiayaan menunjukkan perannya yang berbeda.

“Lembaga pembiayaan berperan menentukan harga taksir pada tiap kendaraan, yang nantinya diberikan pada balai lelang. Kemudian, balai lelang yang akan mempublikasikan informasi apabila ada sejumlah mobil yang akan dilelang,” jelas Punto Nugroho, Deputy Director PT BCA Finance.

Mobil bekas yang dilelang ini pun dijual apa adanya. Baik kondisi fisik, mesin ataupun interior jelas jadi pertimbangan banderolnya di balai lelang. Meski kerap dibuka dengan harga menarik, konsumen wajib jeli.

Namun konsumen sulit untuk menemukan informasi penjualan mobil bekas tarikan ini. Bagaimana cara mendapatkannya? Mulai dari informasi, harga dan proses beli hingga pengecekan mobil baik fisik kendaraan maupun dokumennya. Simak hasil penelusuran kami.


Bagaimana Mendapatkan Informasi?

Lembaga pembiayaan seperti Astra Credit Company (ACC), Oto Multi Artha, atau BCA Finance tentu punya cara masing-masing mengolah mobkas tarikan.

Hal paling umum ialah menggelar lelang. Informasi seputar lelang, meski tidak banyak yang tahu, rupanya wajib diumumkan lewat media cetak.

“Untuk lelang mobil tarikan biasanya sudah diumumkan di surat kabar beberapa hari sebelum lelang dimulai,” beber Theo, Operation Head Tem’s Otomart, yang merupakan bursa Mobkas di lantai 5 ITC Permata Hijau, Jaksel.

Beberapa balai lelang di Jakarta kerap jadi arena pelelangan mobkas yang rutin digelar setiap minggu. Sebut saja Balai Lelang Ibid, Balai Lelang Astria, dan Balai Lelang JBA Indonesia.

Masing-masing balai lelang mobkas ini juga sudah punya website yang berisi beragam informasi seputar pelelangan mobkas.

Mobkas tarikan leasing saat di balai lelang tidak bisa dibeli kredit hanya bisa cash Kelengkapan surat-surat wajib diperhatikan Kondisi mobkas tampak apa adanya saat di balai lelang

Harga dan Proses Beli Mobkas Tarikan Leasing

Berburu mobkas tarikan yang sudah masuk balai lelang memang menarik. Pasalnya, hampir semua mobil dibuka dengan harga yang relatif murah.

Walau langkah selanjutnya yang terjadi ialah ‘hukum rimba’. Siapa yang kuat menawar dengan harga terbaik, dia yang membawa pulang mobil.

“Pembeli mobil lelang bisa perorangan, pedagang, atau suatu lembaga. Untuk saat ini mobil lelang hanya bisa dibeli secara kontan,” tandas Punto.

Sebagai pemburu mobil bekas lelang, pertama kali yang harus dilakukan adalah mengetahui dengan pasti siapa penyelenggara, jadwal pelelangan hingga ragam dan tipe mobil. Sebab terkadang informasi mengenai lelang tidak banyak orang tahu.

Melihat harganya, mobil bekas di balai lelang memang menggiurkan. “Harga awal mobil bekas di balai lelang memang terlihat murah. Namun ketika lelang berlangsung, harganya bisa berangsur naik seiring dengan banyaknya penawar. Tergantung jenis mobilnya, apakah incaran banyak orang atau tidak,” ungkap Punto lagi.

Agar mendapat harga terbaik. Jangan membeli saat kunjungan pertama jika Anda baru pertama kali ke tempat pelelangan mobil. Sebaiknya pelajari dahulu tata cara di balai lelang.

Pelajari bagaimana proses dan mekanisme dari awal sampai akhir lelang. Hal ini penting dilakukan agar Anda dapat menentukan langkah-langkah selanjutnya.

Pengecekan Mobil

Terkait mobkas tarikan ini yang akhirnya berlabuh di balai lelang, sebaiknya memanfaatkan saat ‘open house’ yang berlangsung 3 hari sebelum lelang dibuka. Inilah waktu yang tepat untuk mengecek kondisi fisik mobil secara menyeluruh.

Ketika membeli mobil bekas umumnya bagian teknis wajib dicek. Seperti kondisi eksterior, interior dan mesin agar tidak menyesal setelah membeli. Hal ini juga wajib dilakukan ketika Anda membeli mobil bekas tarikan lembaga pembiayaan. Bila perlu bawa mekanik kepercayaan untuk memastikan mobil dalam kondisi bagus.

Jangan lupa untuk mengecek spare parts mobil karena bisa saja pemilik sebelumnya nakal dan menggunakan spare parts palsu. Bila terbukti ada spare parts palsu, harga mobil jelas semakin menurun karena selain kualitas, usia komponen tersebut tidak tahan lama.

Cek juga kondisi mesin

Menurut Antonius Hartono, Kepala Remarketing Astra Credit Company, masyarakat masih enggan membeli mobil bekas tarikan lembaga pembiayaan karena khawatir dengan kondisinya. Masyarakat masih berpikir kalau mobil bekas ini banyak komponennya yang sudah diganti dengan yang palsu oleh pemilik sebelumnya.

Selain itu, pastikan juga surat-surat kendaraan seperti STNK dan BPKB. Bila perlu cek kecocokan nomor rangka dan mesin antara STNK dengan mobil. Anda juga bisa cocokan nomor BPKP yang tertera di STNK dengan BPKP.

Selain itu, karena mobil bekas ini bekas pemilik yang tidak mampu atau tidak mau melanjutkan cicilan, pastikan pajak tahunannya sudah dibayar. Cek STNK mobil dan pastikan pajaknya sudah dibayar sehingga Anda tidak perlu membayar lebih atau membayar denda ketika mengurus pajaknya.

Bagi Anda yang ingin membeli mobil tersebut secara tunai, ada beberapa lembaga pembiayaan yang menerimanya. Tetapi pastikan setelah membeli langsung dilakukan proses balik nama agar tidak bermasalah ke depannya.

Siapkan dokumen-dokumen seperti fotokopi KTP pemilik baru, BPKP asli dan fotokopi, STNK asli dan fotokopi dan kuitansi pembelian dengan tanda tangan di atas materai.

Kondisi mesin dan ekterior juga perlu dicek secara jeli

Terkadang beberapa lembaga pembiayaan ada yang menawarkan jasa balik nama. Ini bisa Anda manfaatkan bila ingin langsung mengubah nama pemilik kendaraan dari pemilik sebelumnya menjadi nama Anda.

Terakhir yang tidak kalah penting adalah minta buku servis. Di sini bisa dicek apakah mobil ini melakukan perawatan rutin atau tidak. Selain itu juga bisa mengecek nama di buku servis berbeda atau tidak dengan STNK. Bila berbeda ada kemungkinan pernah digadaikan.

Punto Nugroho, Deputy Director PT. BCA Finance

Bagaimana Cara Membeli?
Ada beberapa langkah atau prosedur yang perlu ditempuh calon pembeli jika ingin membeli mobil di balai lelang.

1. Pengunjung melihat open house yang diadakan lembaga lelang.
2. Bila tertarik, bayarkan uang jaminan lelang di bank. Biasanya deposit Rp 5 juta.
3. Ikut lelang lisan. Pemenang ditentukan oleh penawaran terakhir dan tertinggi.
4. Bila tidak menang, berhak mengambil kembali uang jaminan.
5. Bila menang, bayar sisa pelunasan lelang secara kontan di bank. Tenggat 3 hari disediakan setelah lelang.
6. Mengambil barang di lokasi open house dengan membawa bukti lunas dari bank.

Balai Lelang

Balai Lelang Ibid
www.ibid.co.id
Jadwal lelang: setiap Rabu dan Minggu
Jl. Ciputat Raya No. 100, Kebayoran Lama, Jaksel

Balai Lelang Astria
www.balailelangastria.com
Jadwal lelang: setiap Selasa dan Jumat
Jl. Topas BT No. 56, Meruya Utara Jakbar

Balai Lelang JBA Indonesia
www.jba.co.id
Jadwal lelang: setiap Rabu
Area Lottemart Meruya Jl. Topaz BT No. 77, Meruya Utara, Jakbar

 

sumber : http://tips.autobild.co.id/

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *