Cara Ampuh Mendeteksi Berita Hoax Di Internet dengan Turn Back Hoax

Cara Ampuh Mendeteksi Berita Hoax Di Internet dengan Turn Back Hoax

Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) mengatur masyarakat untuk tidak menyebar berita bohong (hoax). Namun, hal ini belum membuat penyebar berita palsu ketakutan, buktinya penyebaran hoax masih merajalela di internet dan media sosial manapun.

Jika kamu kesal melihat banyaknya ujaran kebencian di media sosial akibat berita hoax, sekarang kamu bisa berpartisipasi untuk melaporkan berita palsu melalui aplikasi Turn Back Hoax. Penasaran kan sama cara kerja aplikasi yang dapat mendeteksi berita hoax ini?

Cara Ampuh Mendeteksi Berita Hoax di Internet dengan Turn Back Hoax

Bagaimana Melaporkan Berita Hoax dengan Turn Back Hoax?

Aplikasi Turn Back Hoax

Diprakarsai oleh sembilan relawan, Turn Back Hoax merupakan aplikasi yang mirip sebuah forum, berisikan database berbagai informasi hoax dari artikel yang dimuat di sebuat situs, pesan berantai, maupun foto.

Soal kemampuan dalam menangkal berita hoax, Turn Back Hoax menyerahkan sepenuhnya pada masyarakat untuk berpartisipasi melaporkan semua informasi yang banyak bertebaran di internet dan media sosial ke aplikasi ini.

Aplikasi Turn Back Hoax

Dengan mengklik menu dan memilih opsi Forum Anti Fitnah, kamu bisa melaporkan berita palsu dengan login menggunakan akun Facebook yang sudah terhubung dengan Facebook Grop Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH). Selanjutnya, silahkan jelaskan kronologi hoax sembari menyertakan fakta dan bukti screenshot yang relevan.

Bagaimana Mendeteksi Berita Hoax dengan Turn Back Hoax?

Aplikasi Turn Back Hoax

Pada menu utama aplikasi Turn Back Hoax, kamu bisa mengetahui informasi hoax terbaru dan populer yang beredar di Indonesia, beserta fakta sebenarnya terkait artikel, foto, atau pesan berantai dengan membuka setiap postingan yang ada.

Aplikasi Turn Back Hoax

Tidak hanya dapat diakses melalui aplikasi Android, kamu pun bisa memasang ekstensi Turn Back Hoax melalui Google Chrome yang akan tersambung dengan Google Image untuk mengetahui kebenaran berupa foto. Disini, pengguna akan mengetahui pengunggah pertama foto dan informasi yang sebenarnya pada foto.

Meskipun terdapat penanda hoax atau fakta pada setiap postingan, pengguna harus melakukan pengecekan secara detail mengingat aplikasi Turn Back Hoax dapat diakses semua orang. Wajibnya, silahkan lihat kolom komentar untuk mengambil kesimpulan.

Agar informasi yang tersimpan pada database lebih relevan, Turn Back Hoax dilengkapi sistem untuk mendeteksi pengguna yang login memakai akun palsu. Jika kedapatan login dengan akun palsu, maka pengguna akan masuk dalam daftar blacklist.

Saat ini, aplikasi Turn Back Hoax terus dikembangkan karena masih memiliki database yang terbatas. Namun, kamu tetap bisa berpartisipasi untuk melaporkan berita hoax melalui website dan aplikasi Android.

Nah, mudah kan caranya? Tertarik untuk mencobanya? Jangan lupa bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya!

sumber : jalantikus.com

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *