0

BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen)

Anda dirugikan? Anda Tidak Punya Waktu? Anda ada adalah konsumen akhir yang dirugikan pelaku usaha? Lapor segera ke BPSK!

BPSK adalah badan yang dibentuk oleh negara dibawah Departemen Perdagangan dan bertugas untuk membantu konsumen jika memiliki sengketa dengan pelaku usaha.

BPSK Kantor (1) (640x360)Untuk BPSK DKI Jakarta sendiri, setelah berpindah-pindah tempat selama kurang lebih 4 kali kini BPSK bermarkas di jalan Perintis kemerdekaan, daerah Kelapa Gading (daerah kompleks Departemen Perdagangan, seberang kampus ASMI).

Dibawah kepemimpinan gubernur Ahok lah, BPSK DKI Jakarta semakin baik dan semakin kuat. Konsumen semakin diberikan kemudahan dan ruang untuk melayangkan komplain, protes atau masukan perbaikan kepada para pelaku usaha.

BPSK tidak bertindak sebagai pembela konsumen langsung, namun sebagai penengah yang netral dan membantu menyelesaikan semua sengketa yang terjadi antara konsumen dan pelaku usaBPSK Kantor (2) (360x640)ha. BPSK juga tidak bertindak sebagai hakim yang memutuskan perkara namun bertugas menyelesaikan sengketa dengan 3 cara, yaitu :

  1. Konsiliasi  : Yaitu dengan mempertemukan para pihak untuk bermusyawarah, mencapai kesepakatan tanpa campur tangan anggota BPSK.
  2. Mediasi : Yaitu mempertemukan para pihak dengan mediator anggota BPSK dimana pihak BPSK akan memberikan masukan dan saran untuk mencapai kesepakatan
  3. Arbitrase : Yaitu penyelesaian dengan menunjuk arbiter dari masing-masing unsur konsumen & pelaku usaha dan menunjuk ketua majelis yang nantinya akan memutuskan sengketa para pihak.

Selain BPSK, tentu masih ada sejumlah instansi lainnya yang dibentuk untuk memberikan perlindungan kepada konsumen, diantaranya adalah YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) yang tentu semua orang sudah tau maupun BPKN (Badan Perlindungan Konsumen Nasional) yang berlokasi di kantor Dept Perdagangan RI di gambir. Namun jika kasus yang terjadi adalah berupa sengketa, maka BPSK lah badan yang paling berwenang untuk menyelesaikannya.

Jadi jika kita sebagai konsumen merasa dirugikan, dikarenakan barang/jasa yang kita beli / terima tidak sesuai dengan harapan kita, ayo segera lapor dan bawa kasus kamu ke BPSK setempat (tingkat provinsi). Semoga berhasil dan menang ya!

 

Salam Sukses!

jagoaninternet.com

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube

petra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *