Blog Branding: Mengapa Penting Dan Harus Dilakukan?

Brand yang tepat dapat dipastikan akan membuat blog kita tampak lebih baik dari blog pesaing kita.

Dengan menjadikan blog kita sebagai sebuah Brand, kita tidak hanya akan mendapatkan popularitas – namun lebih dari itu – kita bisa menghasilkan lebih banyak uang dari hanya sekedar melakukan kegiatan blogging seperti yang dilakukan kebanyakan Blogger lainnya.
Saya sendiri sudah beberapa kali menyinggung tentang pentingnya membangun Brand dalam postingan-postingan di blog HWSEO ini, yang paling menginspirasi mungkin pada postingan “Cara Mendapatkan  Uang Dari Blog”.
pentingnya melakukan blog branding
Lalu, sebenarnya apa sih Brand itu?
Secara bahasa – jika diterjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia – maka brand = merek.
Namun pengertian brand sebenarnya jauh lebih dalam daripada itu. Brand adalah identitas / sekumpulan identitas tertentu yang disematkan pada sebuah produk / individu. Dan untuk mendapatkan identitas tersebut, maka ada beberapa karakteristik yang harus terpenuhi terlebih dahulu – tergantung dari brand (identitas) apa yang ingin kita lekatkan pada produk / diri kita.
Pengalaman Pribadi:
Sedikit cerita sebelum kita membahas lebih jauh mengenai blog branding – dan mengapa setiap Blogger yang serius ingin membangun blognya sebagai ‘ladang penghasilan’ jangka panjang harus memikirkannya sejak awal.

Lebih dari 7 tahun yang lalu, saat pertama kali saya membuat blog – tujuan saya waktu itu sangat sederhana; yaitu dapat menjual kelinci-kelinci hias hasil peternakan kecil saya dengan harga yang pantas.

Dalam blog tersebut fokus saya bukan hanya untuk berjualan saja, namun lebih ke arah ‘mendidik’ penggemar kelinci (pemula dan bukan pemula) mengenai kualitas dan standar yang benar dari masing-masing ras kelinci hias.

Setelah beberapa waktu, blog yang saya bangun tersebut ternyata menjadi populer di kalangan penggemar dan peternak kelinci – dijadikan rujukan oleh blog-blog sejenis yang muncul belakangan. Hal yang kemudian membuat saya berhasil masuk dalam lingkaran ‘pemain besar’ dalam bisnis hobi ini. Dan pencapaian itu saya peroleh kurang dari 1 tahun, semuanya berkat proses Branding yang saya lakukan pada blog saya.

Lalu apa manfaat yang saya peroleh dari pencapaian tersebut?
Inilah inti topik yang akan kita bahas secara lebih mendalam pada artikel kali ini. Saya akan menggunakan cerita dari blog pertama saya tersebut untuk menjelaskan poin-poin penting yang perlu anda ketahui.
Harapan saya tentu agar anda bisa lebih mudah memahami pentingnya Brand bagi sebuah Blog. Jadi anda akan mengerti mengapa proses Branding selalu menjadi salah satu fokus perhatian utama semua Blogger Sukses saat pertama kali membangun blog.
Dan lebih jauh lagi, saya berharap artikel ini dapat cukup mencerahkan – sehingga anda yang belum memikirkan tentang branding akan mulai memikirkannya – dan anda yang sudah memulainya, bisa mengambil langkah-langkah yang tepat untuk membuat blog anda menjadi sebuah Brand yang kuat.
Mari kita mulai…

Keuntungan Dari Blog Yang Telah Dikenal Sebagai Sebuah Brand

1. Memiliki Pembaca Reguler

Visitor adalah ‘c4ndu’ bagi semua Blogger.

Siapa di antara anda yang tidak menginginkan blognya kebanjiran pengunjung setiap hari?
Saya rasa tidak ada. Visitor adalah nafas – vitamin – nutrisi – dan doping yang membuat kita semangat untuk terus dan terus mengembangkan blog kita. Dan kita selalu termotivasi untuk selalu meningkatkan jumlah pengunjung blog kita dari waktu ke waktu.
Namun itu adalah target awal.
Berhasil menarik sejumlah besar pengunjung – baik dengan memenangkan persaingan di SERP atau melalui media sosial – tidak akan terlalu berarti jika para visitor tersebut hanya berkunjung 1 kali dan kemudian tidak kembali lagi.
Yang bisa menjamin bahwa para visitor mau berkunjung kembali ke blog anda adalah branding yang anda lakukan pada blog anda. Semakin kuat brand blog anda – maka semakin loyal pula para visitor untuk berkunjung secara reguler.
Untuk kasus blog contoh – visitor rutin berkunjung ke blog saya karena tau apa yang menanti mereka di dalam. Mereka yakin mendapatkan informasi yang akurat, mereka yakin mendapatkan pengetahuan yang dapat langsung dipraktekkan, mereka yakin mendapatkan penawaran yang pantas.
Loyal visitor yang banyak akan membuat tidur anda lebih nyenyak – karena update algoritma, backlink spam dari kompetitor, dll yang membuat peringkat blog anda merosot di SERP tidak akan terlalu mempengaruhi (bisnis anda masih tetap dapat berjalan).2. Branding Meningkatkan dan Melebarkan Peluang Bisnis

Anda tentu sudah mengetahui bahwa adsense bukanlah satu-satunya cara untuk mendapatkan uang dari blog. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan – yang bahkan hasilnya jauuuh lebih Besar.

Jika brand blog kita kuat, maka kita akan lebih mudah menjual produk-produk yang kita tawarkan – kita akan lebih mudah mendapatkan klien baru – kita akan lebih mudah mendapatkan peluang-peluang baru.
Untuk kasus blog contoh – branding yang saya lakukan pada blog saya membuat para visitor yakin bahwa harga yang saya tetapkan untuk kelinci-kelinci hias yang saya jual adalah harga yang ‘pantas’. Uang yang mereka keluarkan sesuai dengan kualitas yang mereka dapatkan (ini salah satu cara branding yang saya lakukan). Dan saya berani memberi jaminan ke mereka.
Brand yang kuat ini membuat saya lebih mudah menjual kelinci-kelinci di peternakan saya – dan saya juga bisa menjualnya dengan harga yang lebih mahal dibandingkan peternak-peternak lain di daerah saya. (FYI: saat itu indukan kelinci hias dengan kualitas kontes dapat berharga antara 1,5 juta – 3 juta/ekor).
brand blog yang kuat meningkatkan peluang
Lebih lanjut, brand yang kuat pada blog saya juga mendatangkan peluang-peluang baru. Dari yang niat awalnya hanya ingin lebih mudah memasarkan produk sendiri, saya kemudian mendapatkan kepercayaan dari beberapa peternak baru di pulau Jawa dan luar Jawa (3 dari P. Sumatera, 2 dari P. Kalimantan, 2 dari P. Lombok, 1 dari Sulawesi, dan 1 dari Papua) untuk menyediakan bibit kelinci hias. Dan itu semua dalam jumlah besar.
Bahkan mereka rela menunggu berbulan-bulan hanya untuk memastikan bahwa kelinci-kelinci yang dikirimkan adalah hasil dari peternakan saya. Dan yang tidak sabar menunggu, mereka tidak keberatan jika saya mengambil bibit dari peternak lain – asalkan saya sendiri yang menyeleksi kualitasnya.
Brand yang kuat juga membuat saya dapat ikut bermain di ‘Lingkaran Pemain Besar’ dalam bisnis ini tanpa perlu modal yang banyak, melakukan pengiriman ‘kelinci pasaran’ secara reguler ke berbagai wilayah di Indonesia. Dan saya juga dipercaya untuk menjadi Juri dalam kontes kelinci hias.
branding blog yang kuat melebarkan peluang bisnis
Bayangkan jika saya hanya ngeblog seperti kebanyakan Blogger lainnya – tanpa melakukan Branding – berapa peluang ‘emas’ yang saya lewatkan – berapa puluh juta yang hanya lewat dan saya biarkan begitu saja.3. Memudahkan Menjadi Affiliate Marketer

Brand yang kuat hampir selalu pasti akan membuat kita bisa menjual apa saja dalam blog kita.

Seperti yang saya katakan, bahwa brand akan membuat blog kita menjadi lebih populer – ini berarti lebih banyak pengunjung yang melihat berbagai produk yang kita tawarkan dalam blog kita.
Belum lagi efek ganda yang kita dapatkan jika brand blog kita kuat – Trust.
Review yang ditulis oleh seorang Blogger terkenal / dimuat pada blog dengan Brand yang kuat – akan lebih dipercaya oleh visitor dan mendapatkan social share lebih banyak – ini berarti, lebih banyak produk yang terjual.
Untuk kasus blog contoh – saya tidak menawarkan produk affiliate di blog tersebut, namun saya menjual beberapa produk dengan sistem dropship. Hanya bedanya dengan sistem dropship yang banyak diajarkan di forum2/grup2/blog2 IM, saya tidak mencari produk di satu marketplace dan kemudian menawarkannya lagi di marketplace lain dengan harga lebih tinggi.
Saya lebih memilih menghubungi langsung suplier produk yang saya anggap cocok, menyampaikan penawaran/keinginan saya untuk kerjasama, dan melakukan negosiasi mengenai harga.
Dengan data pengunjung, loyal visitor, dan kekuatan branding dari blog saya – kebanyakan suplier setuju untuk memberikan harga khusus ke saya (tentu dengan harapan dapat menjual lebih banyak).  Hal ini membuat saya mampu memastikan kualitas dan memberikan harga yang kompetitif (sama dengan harga suplier).

4. Brand Yang Kuat Lebih Banyak Mendapatkan Social Share

Coba anda perhatikan!

Berapa banyak berita tidak bermutu yang di-share di media sosial (bahkan menjadi viral) hanya karena berita tersebut dimuat oleh media-media digital yang telah memiliki brand kuat? Saya yakin anda sudah tau sendiri jawabannya.
Dan yang lebih lucu lagi, sebagian orang yang ikut me-reshare bahkan tidak membaca isi berita tersebut sama sekali. Mereka hanya merasa jika posting tersebut pasti ‘keren’ – karena itu mereka juga harus ikut membagikannya.
Inilah kekuatan branding.
Berbeda dengan blog yang masih baru / blog yang tidak membangun brand – sebagus apapun isi postingnya, jumlah social share yang didapatkan tetap akan kalah jauh dengan apabila posting tersebut dimuat dalam blog yang memiliki brand kuat.

5. Menarik Pengiklan Untuk Mau Membayar Lebih Tinggi

Blog dengan visitor yang tinggi tentu lebih mudah menjual ruang iklan kepada advertiser. Namun blog dengan visitor tinggi dan brand yang kuat akan membuat advertiser mau membayar dengan harga premium agar iklan mereka ditayangkan dalam blog tersebut.

Masih ingat dengan 4 Blogger Top yang saya review singkat dalam postingan sebelumnya?
Mereka adalah contoh Blogger-Blogger yang membuat advertiser rela membayar mahal – semuanya hanya karena kekuatan Branding dari blog mereka. Dan berdasarkan pengakuan dari banyak blogger top, advertiser yang merasakan keuntungan dari iklan yang ditayangkan akan meningkatkan kolaborasinya ke tahap lanjut untuk jangka panjang.
Contohnya yang dulu cukup fenomenal di Indonesia adalah ‘blog Terselubung’. Terlepas dari ‘caranya’ mendapatkan konten – blog tersebut berhasil menarik salah satu provider besar untuk memasang iklan secara ekslusif (saya dengar kontraknya sekitar Rp.23 juta/bulan kalau tidak salah) – walaupun blog tersebut masih menggunakan subdomain blogspot.6. Brand Membuat Blog Anda Berumur Panjang

Tergantung dari tujuan dan target yang ingin anda raih melalui blogging – sebagian besar Blogger menganggap bahwa blog adalah bisnis jangka pendek. Yang penting menang di SERP, yang penting banyak pengunjung, yang penting CTR Adsense tinggi – kalau terkena tendang atau deindex, gampang – tinggal buat blog baru.

Stres dengan Penghasilan Blog Adsense Anda yang ‘segitu-segitu’ aja?
Coba cari tahu Apa Masalahnya… Klik Disini
Saya tidak menyalahkan pola nge-blog seperti itu, namun jika anda termasuk orang yang ingin lebih menikmati waktu dan tidak mengulang-ulang pola yang sama – sebaiknya mulailah membangun sebuah blog yang serius untuk jangka panjang.
Dan membangun brand yang kuat pada blog anda akan menjamin keberlangsungan blog anda untuk jangka waktu yang panjang (terus memberikan pemasukan dan semakin meningkat). Saya rasa cara blogging seperti ini lebih menjamin masa depan anda dan bisa dijadikan pegangan.
Untuk kasus blog contoh – sayangnya saya tidak dapat memberikan laporan lanjutan dengan blog tersebut. Bukan karena masalah besar, tetapi karena saya memutuskan untuk naik satu tingkat lagi ke tahap berikutnya. Saya ingin fokus dengan dunia online – sehingga saya terpaksa menutup peternakan. Sebagian besar koleksi yang bagus-bagus diborong oleh pengusaha asal Jakarta.

Saya masih ingat kejadian (hampir 4 tahun yang lalu) itu. Saat itu beliau sedang di Surabaya (meninjau proyeknya) ketika mendengar saya melelang koleksi-koleksi kelinci hias saya. Siangnya menelpon saya – sore langsung meluncur ke Malang – dan sampai di kediaman saya (Batu) sekitar jam 11 malam.

Kami ngobrol panjang lebar di depan ‘kandang pamer’ hingga jam 1 (dini hari) lebih. Istri dan adik beliau bahkan sampai ketiduran di sofa ruang tamu saya. Pengalaman yang unik dan susah dilupakan..

Lalu bagaimana dengan blognya?
Seperti yang saya katakan, blog yang di-branding dengan baik selalu bertahan lebih lama. Terakhir blog tersebut saya update sekitar 20 bulan (1 tahun 8 bulan) yang lalu dan tidak pernah saya sentuh lagi setelahnya.
Ini data statistik terakhir dari blogger: (oya, saya membangun blog tersebut menggunakan blogspot)
branding membuat blog berumur panjang
Menurut anda mungkin ini tidak luar biasa, tapi coba pikirkan lagi – Siapa yang mencari informasi tentang kelinci dan ternak kelinci? Tidak banyak. Diatas 100 visitor/ hari untuk niche yang kurang populer bukan jumlah yang jelek. Apalagi blog tersebut sudah saya biarkan hampir 2 tahun.
Masih ingin tau yang lebih menarik lagi?
Perhatikan ini:
brand membuat blog terus mendapatkan visitor
brand yang kuat membuat fanspage terus hidup

Walaupun bisa dibilang sudah tidak ada kehidupan lagi, Fanspage-nya masih terus mendapatkan follower baru – masih tetap saja ada yang men-share posting-posting di dalamnya – dan masih banyak yang tetap menanyakan tentang kelinci. Belum lagi sms yang masih saja masuk ke hp saya – walaupun sudah jelas-jelas saya menyampaikan di blog kalau saya sudah tidak melayani lagi.

branding membuat blog banyak mendapatkan custumer

Sekarang coba bayangkan jika seandainya saya masih tetap berkutat dengan kelinci hingga sekarang.
Bukankah saya masih tetap menikmati ‘duit besar’ dari bisnis hobi ini – walaupun saya tidak meng-update blog saya hingga 2 tahun.

Jadi, jika anda masih berpikiran membangun blog yang berkualitas dan mem-branding blog anda dengan baik tidak layak untuk dilakukan – coba pertimbangkan sekali lagi!
Alasan-alasan pentingnya blog branding beserta contoh nyata yang saya berikan di atas saya rasa cukup untuk membuat anda berpikir ulang mengenai cara anda nge-blog selama ini.Ingat!

Jangan terpaku dengan contoh blog yang saya berikan. Saat ini saya lebih fokus meng-uangkan blog saya dengan adsense dan menjadi affiliate marketer. Dan proses branding tetap menjadi bagian penting yang terus saya lakukan.

Bagi anda yang juga sudah melakukannya, cobalah untuk menggali lebih ke dalam agar proses brading yang anda lakukan semakin efektif. Jangan berhenti di permukaan! Branding bukanlah ilmu pasti – dan setiap niche memerlukan sentuhan yang berbeda. Bedakan antara branding dan strategi marketing blog – karena mayoritas Blogger biasanya terjebak disana.
sumber : http://hwseo.blogspot.com
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *