Big Data, Tren Teknologi Masa Depan

Big Data, Tren Teknologi Masa Depan

Big Data sebagai terobosan teknologi yang akhir-akhir ini mulai ramai diperbincangkan, memungkinkan proses pengolahan, penyimpanan, dan analisis data dalam beragam bentuk atau format. Selain itu Big Data dapat diimplementasikan untuk mengolah jumlah data yang besar dan pertambahan data yang cepat dalam waktu relatif singkat. Ciri-ciri Big Data sendiri adalah:

  1. Jumlahnya sangat besar (volume). Biasanya total data dalam ukuran terabytes ke atas.
  2. Pertumbuhan data sangat cepat (velocity) sehingga data bertambah dalam jumlah yang sangat banyak dalam kurun waktu relatif singkat.
  3. Bentuk atau format datanya beraneka ragam (variety). Format di sini bisa berupa data dalam tabel-tabel relational database seperti MySQL, file text biasa, file Excel, atau bentuk apapun.

Lantas manfaat dari Big Data antara lain untuk memberikan gambaran data proses bisnis yang lebih lengkap dari sebelumnya. Karena biasanya data yang dianalisis adalah data berstruktur misalnya data relational database. Pengimplementasian Big Data sendiri dalam bisnis misalnya adalah dalam pemanfaatan data dari media sosial seperti

twitter, facebook, dan sebagainya kemudian dipadukan dengan data dari perusahaan sendiri. Contohnya adalah dengan menganalisis perilaku orang-orang di media sosial untuk kepentingan pemasaran suatu produk. Sehingga perusahaan dapat melakukan strategi pemasaran yang tepat.

Sebab dewasa ini, dalam memasarkan produk terutama pada bisnis yang berbasis e-business perlu dilakukan terobosan baru. Demi tercapainya strategi yang tepat sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas, Big Data mampu menjadi solusinya.

 

Sumber: openbigdata.wordpress.com

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *