0

Ayo kobarkan semangat belajar sampai ke ujung bumi Papua untuk Indonesia Hebat!

Ayo belajar dan belajar, jadilah pintar dan majukan bangsamu sendiri, demi Indonesia Hebat!

Setiap orang punya cita-cita bukan? Dan bangsa ini, bangsa besar yang punya cita-cita mulia untuk mencerdaskan seluruh rakyatnya. Lalu bagaimana implementasinya sampai saat ini. Apakah cita-cita tersebut sudah tercapai?

Related image

Indonesia adalah negara yang kaya raya, kaya akan kekayaan alam dan juga budayanya, kaya di daratan maupun juga di lautan. Akan tetapi Indonesia sendiri memiliki tingkat sumber daya manusia yang kecil, sehingga belum mampu untuk mengolah kekayaan ini dengan maksimal. Sayang sekali bukan? Berbagai cara dan program dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ada. Mulai dari wajib belajar 9 tahun sampai program wajib belajar 12 tahun yang kini sedang digiatkan pemerintah, yaitu setara SMA/SMK/MA dan setingkatnya. Tujuan ini tidak lain adalah agar putra putri bangsa Indonesia memiliki pendidikan yang maksimal, tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Image result for pendidikan

Namun faktor ekonomi masih menjadi alasan klasik dan momok yang tak kunjung usai dalam masalah pendidikan di Indonesia. Ada banyak orang tua tidak mau menyekolahkan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi dengan alasan keterbatasan ekonomi. Sehingga banyak ditemukan di pelosok-pelosok desa di negara ini anak-anak kecil yang tidak mengenyam pendidikan, yang saat dewasa tidak memiliki keterampilan yang cukup untuk mencari nafkah. Hal ini dikarenakan mereka hanya melanjutkan sekolah ditingkat SD maupun SMP.

Bangsa-bangsa maju di dunia saat ini ditopang oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas sehingga memiliki keunggulan hampir di semua bidang, termasuk ekonomi. SDM yang berkualitas merupakan unsur penting dalam membangun daya tahan (ekonomi) bangsa. Krisis multidimensional yang pernah melanda Indonesia sejak pertengahan Juli 1997 hingga pengaruhnya sampai sekarang seolah menegaskan dan semakin meyakinkan kita, betapa faktor SDM itu amat vital. Edukasi adalah salah satu elemen paling penting dalam membangun SDM Indonesia yang berkualitas. 

Buat saya, pendidikan dan pembangunan adalah dua hal yang menurut saya sangat erat kaitannya dan tidak bisa dilepaskan satu sama lain. Mereka bisa saling menopang atau mempengaruhi satu sama lainnya.

Apa sih kaitan keduanya?

  1. Pendidikan merupakan usaha untuk diri manusia, sedangkan pembangunan merupakan usaha dari diri manusia untuk maju.
  2. Pendidikan menghasilkan Sumber Daya Manusia yang menunjang pembangunan sedangkan pembangunan dapat menunjang pendidikan (pembinaan, penyediaan saran dan seterusnya).

Pendidikan disini bertujuan untuk mencetak manusia yang menjadi modal dasar, sumber daya dan penggerak pembangunan bangsa ini yang dimulai dari keluarga kita sediri.

Saya bersyukur bisa lahir dan hidup dalam keluarga yang sangat menyadari benar pentingnya edukasi untuk anak-anak kita. Betapa orang tua kita yang punya penghasilan yang  “pas-pas an”, namun gigih dan punya tekad luar biasa untuk menyekolahkan anak-anaknya sampai tingkat akhir, apapun caranya dan darimanapun biayanya. Sungguh cerita hidup yang membuat air mata saya berlinang dan membekas dalam hati saya, menyadari betapa perjuangan mereka kini membuahkan hasil yang terbaik untuk kami. Kami bisa hidup dan menafkahi diri kami dan keluarga berkat pendidikan dan kerja keras kedua orang tua kami.

Kini setelah berumah tangga dan memiliki anak-anak, saya dan istri pun melakukan hal sama. Buat kami, edukasi adalah kunci awal dan utama sebagai blueprint bagaimana penerus keluarga maupun bangsa ini bergerak maju di masa mendatang. Menjadi motor dan sarana penggerak untuk maju, buat kami edukasi adalah warisan yang paling berharga buat anak-anak kami. Sedari kecil dari umur balita, kami berikan kebebasan untuk anak-anak kami dalam berekspresi dan menyalurkan kesenangan serta hobi mereka. Dari sana kami sebagai orang tua melihat dimana kekuatan dan kelemahan mereka. Apa yang menjadi kesenangan mereka, terus kita dorong dalam motivasi dan juga sarana prasarana yang dibutuhkan.  Mulai dari membuat keterampilan sendiri dirumah, ataupun  belajar mengenal musik dan bernyanyi serta menari lewat kelas yang diberikan dalam les diluar rumah.

Saat ini ada banyak sekali sarana pendukung maupun organisasi pendidikan yang baik untuk membekali hidup putra-putri kita sedini mungkin, salah satunya adalah Educenter, One Stop Education of Excellence . Berlokasi di area yang strategis di BSD City, Educenter punya semangat dan cita-cita yang sama dalam memajukan bangsa ini lewat edukasi untuk menciptakan anak-anak “emas” di usia dini lewat bakat dan keterampilan mereka.

Konsep Edu Center adalah sebagai pusat edukasi pertama dan terbesar di Indonesia dengan lebih dari 20 institusi pendidikan ternama (www.educenter.com)

EduCenter Bird Eye View

Satu hal yang saya salut dari Edu center adalah lewat konsep yang “smart” menurut saya, dimana semua jenis kegiatan pendidikan disatukan dalam satu lokasi yang sangat strategis. Hal ini menciptakan suatu kemudahan dan kebebasan bagi generasi penerus kita, bangsa ini untuk lebih bisa berkreatifitas dan mengekspresikan dirinya lebih lagi. Tidak terpaku pada satu bidang saja tetapi bisa mencoba mengeksplorasi hal-hal yang lainnya. Apapun kegiatan yang sekiranya kita minati, mulai dari menari, memasak, belajar bahasa mandarin sekalipun bisa kita temukan disini, dalam satu tempat alias One Stop Station.

Jadi tunggu apa lagi? Mau mulai kapan kalau tidak dari sekarang? Ayo kobarkan semangat belajar untuk anak-anak kita, buat mereka pintar dan hebat lewat edukasi yang baik dan terarah. Buat pintar semua anak-anak Indonesia sampai ujung bumi Papua dan wujudkan cita-cita mulia bangsa ini, menjadi negara yang adil dan makmur, negara maju serta negara yang hebat. Amin.

#belajar #edukasipintar# #jagoaninternet #educenter

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube

petra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *