Apa Itu Revolusi Industri 4.0?


Image result for revolusi industri 4.0
Bersiap untuk beradaptasi dan mempersiapkan diri terhadap revolusi industri 4.0 adalah yang sedang dilakukan oleh dunia industri dan manufaktur di seluruh dunia saat ini. Kamu sudah tahu belum apa itu industri 4.0?

Kalau mengacu kepada Wikipedia, industri 4.0 merupakan tren otomasi dan pertukaran data terkini dimana memadukan teknologi internet dalam teknologi pabrik atau manufaktur. Istilah ini mencakup sistem siber secara fisik, internet of things, komputasi awan, dan komputasi kognitif.

Namun secara garis besar, revolusi industri 4.0 merupakan integrasi antara dunia internet atau online dengan dunia usaha atau produksi di sebuah industri. Artinya, semua proses produksi ditopang dengan internet.

Image result for revolusi industri 4.0Industrial Revolution 4.0 dicetuskan pertama kali pada 2011 oleh Jerman, yang kemudian menjadi tema utama pada pertemuan World Economic Forum (WEF) 2016 di Davos, Swiss. Beberapa negara yang telah memiliki program-program untuk mendukung industrinya menuju Industri 4.0 seperti Jerman, Inggris, Amerika Serikat, China, India, Jepang, Korea, dan Vietnam.

Mengutip dari laman Forbes, revolusi industri generasi keempat bisa diartikan sebagai adanya ikut campur sebuah sistem cerdas dan otomasi dalam industri. Hal ini digerakkan oleh data melalui teknologi Machine Learning dan Artificial Intellegence (AI).

Sebenarnya, campur tangan komputer sudah ikut dalam Industry 3.0. Kala itu, komputer dinilai sebagai ‘disruptive’, atau bisa diartikan sesuatu yang mampu menciptakan peluang pasar baru. Setelah dapat diterima, saat ini machine learning dan Artificial Intellegence ada di tahap tersebut.

Jelas sekali bahwa revolusi industri 4.0 bukanlah hal yang bisa ditawar-tawar lagi. Sesuatu yang yang tidak bisa dihindarkan buat bangsa kita sehingga Indonesia dan generasi kedepan perlu benar-benar bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin. Bayangkan bonus demografi dimana angkatan produktif Indonesia akan sangat besar. Belum lagi peningkatan dan support dari pemerintah untuk terus menggalakan ekonomi kreatif lewat bisnis-bisnis startup lokal. Jika tidak dipersiapkan dengan baik, jika tidak dirancang jauh kedepan maka bukan tidak mungkin kita akan tertinggal dengan negara-negara lain, atau bahkan negara tetangga.

“Jadi, kita perlu menginformasikan kepada para pemangku kepentingan bahwa industri 4.0 ini bukan hanya di depan mata, tetapi sudah berjalan. Ke depan, kebijakan industri harus selaras disesuaikan dengan perkembangan teknologi,” ujar Menteri Airlangga seperti dikutip dari Kemenperin.go.id.

“Sekarang, industri automotif sudah menggunakan robotik dalam pengoperasiannya. Mereka juga sudah menggunakan infrastruktur internet of think untukberoperasi. Ke depan, sektorjasa dan yang lainnya juga bisa memanfaatkan data ataupun artificial intelligence,” sebutnya.

Demikian juga perbankan di Indonesia, dilansir oleh CNBC Indonesi asaat ini sudah ada 4 bank besar yang memiliki Robot virtual sebagai asisten untuk nasabah dalam memperoleh informasi maupun layanan perbankan secara umum.

Image result for revolusi industri 4.0Airlangga pun mengatakan, industri 4.0 juga akan meningkatkan produktivitas, membuka kesempatan kerja, dan membuka pasar hingga ke luar negeri. Menurutnya, implementasi industri 4.0 akan menambah lapangan kerja baru yang memerlukan keterampilan khusus.

Sehingga kehadiran industri 4.0 tidak dianggap mengancam serapan tenaga kerja, namun menambah tenaga kerja baru dengan bidang yang berbeda.

Hingga saat ini, Pemerintah juga tengah gencar mensosialisasikan revolusi industri 4.0 di Indonesia. Meski keberadaan hambatan untuk memgimplementasikan industri 4.0 juga tidak dapat dihindari, seperti konektivitas internet. Hal ini masih menjadi PR untuk Pemerintah, agar seluruh pelosok negeri mendapatkan akses internet.

Ayo para pelaku usaha dan industri, ayo lebih maksimalkan peran dan fungsi internet dalam mengembangkan bisnis atau usaha kita!

 

by Petra

www.jagoaninternet.com – Makin Jago Makin Pintar Internet

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *