Anies-Sandi Menang Karena Isu SARA, Eva Sundari: Ini Peringatan Bagi Indonesia

Article image

Eva mengakui, isu korupsi yang selama ini didengungkan pasangan Basuki-Djarot tidak laku jual di masyarakat, kalah oleh isu agama atau politik identitas.

Hasil hitung cepat (quick count) Pilkada DKI Jakarta menunjukkan pasangan Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahudin Uno memenangkan Pilkada DKI Jakarta, mengalahkan pasangan incumbent Basuki Tjahaja Puranama-Djarot Syaiful Hidayat.

Juru Bicara Tim Pemenangan Basuki-Djarot, Eva Kusuma Sundari mengatakan, kemenangan Anies-Sandi menunjukkan bahwa tuduhan bahwa Presiden Joko Widodo tidak netral dalam Pilkada DKI Jakarta tidak terbukti.

“Selama ini Pak Jokowi dikatakan tidak netral, dan memihak. Paling tidak kekalahan ini Pak Jokowi bersifat netral, dan tidak ada intervensi oleh banyak pihak,” kata Eva kepada wartawan, Jakarta, Kamis (20/4/2017).

Eva mengucapkan selamat atas kemenangan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang dipecat Presiden Joko Widodo itu.

Eva mengatakan, kekalahan Basuki-Djarot mengejutkan. Pasalnya, tambahan dukungan partai lain seperti PPP, PKB, dan deklarasi relawan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, membuat pihaknya optimistis menang.

“Ini mengejutkan, berbagai deklarasi yang dilakukan dan kita pede akan menang, deklarasi dukungan pasangan AHY-Sylvi di Jakarta Timur. Ternyata refrensi dukungan AHY-Sylvi ke Anies,” ujar politisi PDI Perjuangan itu.

Eva mengakui, isu korupsi yang selama ini didengungkan pasangan Basuki-Djarot tidak laku jual di masyarakat, kalah oleh isu agama atau politik identitas.

“Kombinasi isu SARA atau agama ini warning. Hal ini berat bagi PDIP yang selama ini menggunakan pakem berupa strategi konstitusional. Ini masalah besar karena isu atau market di Pilkada masih isu SARA. Selama ini PDIP membangun isu dengan memelihara persatuan dan pilihannya berdasarkan konstitusi. Ini pilihan yang berat. Namun, kami tidak tergoda untuk menggunakan isu SARA,” ujarnya.

sumber : http://indonesiasatu.co

 

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *