5 Strategi Pemasaran Jitu Untuk Produk Baru

Strategi Pemasaran untuk Produk Baru

Strategi Pemasaran Produk Baru – Dalam dunia bisnis/wirausaha pemasaran adalah hal mutlak yang harus berjalan. Karena “nyawa” dari sebuah perusahaan adalah penjualan, dan penjualan bisa terjadi jika adanya strategi pemasaran yang baik (baca : tujuan dan fungsi strategi pemasaran).

Dalam artikel tersebut sudah kita bahas dengan cukup jelas fungsi pemasaran. Lalu, bagaimana jika produk yang kita pasarkan adalah produk baru?

Ini yang cukup menyulitkan. Karena, jika kita membuat suatu produk baru dengan brand baru yang kita miliki kita harus bekerja ekstra keras untuk memperkenalkan pada masyarakat.

Membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk biaya marketing, seperti contoh startup Matahari Mall yang baru dilauncing beberapa waktu yang lalu memiliki strategi pemasaran yang luar biasa karena disokong oleh dana yang tidak sedikit sekitar 5 trilyun untuk 5 tahun kedepan.

Lalu, bagaimana jika modal kita masih sangat minim? Nah, pada artikel ini kita akan mencoba membahas cara atau strategi jitu untuk memasarkan produk baru. Berikut tipsnya :

1. Riset Pasar (Market Research)

Riset adalah hal mutlak yang harus dilakukan seorang wirausahawan sebelum melakoni bisnis. Risetpun ada banyak hal, misalkan riset produk, riset kompetitor, dan riset pasar.

Semuanya sama-sama penting, karena jika tidak di riset dengan baik dari awal maka sama saja kita bunuh diri dari awal. Pastikan sebelum anda membuat sebuah produk, riset dulu apakah ada pasar yang mau menggunakan produk Anda?

Terkadang banyak kasus yang terjadi pada pengusaha pemula dan masih muda adalah sikap idealisme yang masih tinggi. Sehingga masih menguatkan egonya untuk mencapai “kesempurnaan” produk, tetapi mereka lupa akan kebutuhan pasar. Terkadang pasar yang layak kita tuju sebenarnya tidak terlalu membutuhkan produk yang seperti kita bayangkan.

2. Jeli Melihat Kebutuhan Konsumen

Seperti yang telah dijelaskan diatas, kita harus jeli melihat kondisi pasar yang ada. Apakah grafik kebutuhan konsumen meningkat atau menurun. Kita harus peka terhadap reaksi pasar.

Apakah produk baru kita layak dan dibutuhkan pasar atau tidak. Karena, percuma jika produk yang kita buat sudah sangat bagus tetapi ternyata kurang dinikmati pasar. Lebih baik, membuat produk yang sederhana tetapi sangat dibutuhkan pasar.

3. Right Product in the Right Place in the Right Time

Tempatkan produk kita di waktu dan tempat yang tepat. Karena, setiap daerah ataupun waktu tentunya kebutuhan pasar berbeda. Misal, produk A sangatlah bagus bila dipasarkan di kota B. Tetapi, belum tentu produk A akan laku di kota A. Karena itulah, tentukan pasar anda secara spesifik dan jangan biarkan momentum Anda hilang begitu saja.

4. Promosikan Produk Anda

Promosi memang sangatlah penting untuk menunjang produktifitas Anda. Karena, sebagus apapun produk tetapi jika promosinya kurang tentunya pasar tidak akan tahu.

Karena itulah coba untuk mempromosikan produk Anda dengan cara yang efektif. Misalkan, sekarang sedang jamannya marketing online/digital marketing. Anda bisa meminimalisir budget dengan sangat efektif jika menggunakan cara seperti ini. Misalnya, lewat sosial media ataupun media online lain.

5. Berikan Layanan Terbaik

Terakhir adalah memberikan layanan terbaik kepada konsumen, ingat disini layanan bukan produk. Sebagus apapun produk yang Anda buat, tetapi jika layanan yang Anda berikan kepada konsumen tidak baik maka produk itu pasti tidak akan laku banyak dipasaran.

Karena itulah, coba memberikan layanan terbaik kepada konsumen. Misalkan dengan cara secara aktif menerima feedback dari pelanggan, dll.

Itu tadi adalah artikel tentang tips untuk mempromosikan produk baru. Semoga dapat memberikan gambaran yang cukup kepada Anda.

 

sumber : http://rocketmanajemen.com/

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *