Tips Agar Selalu Menang Battle di Gym Pokemon GO


winning-gyms

Pokemon GO baru rilis beberapa hari lalu di Amerika, Australia, dan New Zealand, tapi Indonesia dan negara-negara lain yang para pemainnya nekat download Pokemon GO versi APK pun sudah bisa icip-icip berburu Pikachu dan teman-temanya. Selain mengumpulkan beragam jenis monster Pokemon rare(langka) dan umum, kamu juga bisa menantang tim lain lewat Gym Battle dan berhak untuk mendapatkan Pokecoin dan Stardust tambahan.

Tentu saja sebelum mulai ‘berantem’ kamu harus sudah mencapai Level 5 dan memilih salah satu dari tiga tim yang tersedia: Team Instinct (Kuning), Team Mystic (Biru), dan Team Valor (Merah). Hingga artikel ini ditulis, belum jelas apa perbedaan dari ketiga tim tersebut, jadi kamu bisa memilih warna apa saja sesuai keinginan. Toh tim manapun yang kamu pilih, kamu tidak akan mendapatkan XP ataupun PokeCoin.

Selalu Menang Battle di Gym Pokemon GO

gym leader

Ketika memasuki Gym lawan (yang dikuasai tim beda warna dengan kamu) agar semakin besar peluang kamu untuk memenangkan battle di Gym, hal yang pertama kali harus kamu perhatikan adalah rangkaian monster yang menduduki Gym tersebut. Cek CP Pokemon tertinggi (Gym Leader) yang berada di paling kanan (Slide ke kiri, jika tidak bisa di Swipe, berarti dia sendirian) dan biasanya ditandai dengan logo mahkota.

Jika CP Pokemon tersebut kira-kira tidak jauh berbeda dari rangkaian Pokemon yang kamu punya, monggo silahkan mulai ditantang. Tapi jika CP mereka terlalu besar, saya sarankan kamu cari Gym yang lain saja. Mati konyol kalau rangkaian Pokemon kamu berada di median CP 400 – 500 tapi Gym Leader yang kamu tantang CP-nya 1100, mending pulang saja. Jangan lupa pelajari dulu Tips Lengkap Gym di Pokemon GO sebelum kembali bertarung.

Menangkan Battle Dengan Super Effective

Kalau kamu pernah melakukan serangan buta di Gym Battle pasti pernah pelihat tulisan “Super Effective” atau “Not Very Effective”. Tulisan tersebut menunjukkan efektifitas serangan yang kamu lakukan terhadap Pokemon lawan. Pada dasarnya, semua Pokemon dan serangan mereka memiliki elemen yang berbeda-beda. Masing-masing elemen punya kelemahan dan kelebihan sendiri-sendiri baik untuk attack maupun defense.

 

Dalam Gym Battle, kamu harus menggunakan Pokemon dan serangan yang memiliki elemen paling efektif untuk melawan jenis Pokemon yang dihadapi. Dengan demikian, setiap serangan yang dilancarkan akan memberikan efek telak dan tidak sia-sia. Nah sekarang, coba dilihat Pokemon kamu elemennya apa? Laluscroll sedikit ke bawah lihat juga Elemen Seranganya apa? Setelah itu, cek tabel di bawah ini dan temukan elemen mana yang efektif untuk menyerang Pokemon lawan!

elemen pokemon

Tentu saja, kalau kamu terlalu malas untuk menghapal atau membuka gambar di atas setiap kali melakukan battle di Gym, kamu bisa buka Google dan ketik “What is strong against [tulis elemen pokemon apa]” seperti contoh pada gambar di bawah ini. Atau variasi pertanyaan lain seperti “What is [nama pokemon] weak against”. Tapi jujur saja, Saya pribadi lebih suka menggunakan tabel di atas. Saya savegambarnya dan ketika hendak battle, tinggal dibuka untuk dipelajari lebih lanjut.

Elemen vs CP Pada Pokemon

Mengingat Pokemon GO baru berusia beberapa hari saja, tips yang satu ini berasal dari pengalaman Saya sendiri ketika melakukan Gym Battle. Hingga artikel ini ditulis, belum ada dokumen pendukung yang bisa Saya lansir. Namun taktik ini beberapa kali berhasil membuat Saya memenangkan beberapa Gym Battle, jadi siapa tahu berguna juga untuk dicoba, ya.
Ketika hendak melakukan battle di Gym lawan, secara otomatis kamu akan mendapatkan enam rangkaian Pokemon dengan CP tertinggi. Namun, mengingat sistem elemen di atas tadi, seringkali saya mengganti rangkaian tersebut dan disesuaikan dengan jenis Pokemon yang akan saya hadapi. Sebagai contoh, tadi saya baru saja menyerang Gym Level 3 di Gandaria City (Riding Horse Statue) dimana rangkaiannya terdiri dari Flareon (Api) – Flareon (Api) – Vaporeon (Air).

 

Jika melihat tabel, maka saya harus menggunakan Pokemon elemen Water, Ground, atau Rock untuk mengalahkan dua Flareon di depan dan Electric atau Grass untuk Vaporeon. Jadilah saya memilihTentacruell (Water/Poison) dan Exeggcutor (Grass / Psychic). Jika dilihat, Tentacruel Saya memiliki CP yang lebih lemah dari Flareon yang Saya lawan, namun Saya nekat memasangnya di depan.

Menurut pengalaman Saya, jika CP tidak terlalu jauh berbeda namun elemennya tepat, kamu masih bisa menang. Yang menarik, jika CP Pokemon kamu lebih kecil daripada Pokemon lawan, maka EXP ataupunPrestige yang didapat akan lebih besar! Hal ini terbukti ketika Saya menantang penghuni Gym Level 3 di Bundaran HI (Monumen Selamat Datang) hari Minggu kemarin.

GangBang: Curang atau Bukan?

winning gyms

Jika kita sedang battle di sebuah Gym, pasti kamu tergoda untuk menghindar (swipe kiri/kanan) ataupun menggunakan serangan khusus (bar di atas kanan). Namun berdasarkan pengalaman Saya, mengingat pertarungan di Pokemon Go berlangsung secara real-time, maka akan lebih baik jika kamu tap-tap-tapterus secepat dan sesering mungkin tanpa henti sampai Pokemon lawan mati. Tentu saja, kamu juga harus memperhatikan CP Pokemon yang kamu gunakan. Pastikan perbedaan CP dengan lawan tidak terlalu jomplang untuk menghindari kematian dini.

Dan yang terakhir, akan lebih efektif jika kamu menyerang sebuah Gym bersama paling tidak satu teman (lebih banyak, lebih baik) agar bisa GangBang alias gebuk bareng-bareng biar lebih cepat selesai. Namun tentu saja, mengingat apk yang dipake untuk download Pokemon GO di Indonesia belum resmi, dan kondisi internet yang byar pet, GangBang biasanya akan berakibat HANG (layar freeze).

sumber : rahasiax.com

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
facebooktwittergoogle_pluslinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *